DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 08:00 WIB

Akankah Pihak Vero Datang ke Sidang Gugatan Cerai Ahok?

Jabbar Ramdhani - detikNews
Akankah Pihak Vero Datang ke Sidang Gugatan Cerai Ahok? Foto: Ilustrasi Ahok dan Vero/Andika Akbaryansyah
FOKUS BERITA: Ahok Gugat Cerai Vero
Jakarta - Sidang perdana gugatan cerai Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terhadap istrinya Veronica Tan ditunda karena tidak hadirnya pihak Vero. Hari ini, sidang gugatan cerai akan digelar lagi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara.



Rencananya sidang tersebut akan digelar pada pukul 09.00 WIB, Rabu (7/2/2018). "Ya, sidang lanjutan, agenda sama dengan sidang lalu untuk cek kehadiran. Kalau mereka hadir dan sudah sesuai relasi surat panggilan maka tinggal menunggu kebijakan majelis apakah akan dipanggil sekali lagi ataukah mereka langsung menyatakan bahwa panggilan itu sudah sangat patut dan sudah layak," kata Humas PN Jakut, Jootje Sampaleng, saat dihubungi, pada Selasa 6 Februari 2018 malam.


[Gambas:Video 20detik]


Pada Rabu (31/1/2018), sidang ditunda karena Vero maupun kuasa hukumnya selaku pihak tergugat tak hadir. Sidang perdana itu diagendakan menghadirkan kedua belah pihak dan menawarkan perdamaian. Mediasi itu sedianya digelar pukul 10.00 WIB.


Namun, Ahok tak datang pada sidang tersebut. Ahok diwakili adik kandung sekaligus kuasa hukumnya Fifi Lety Indra dan Josefina Agatha Syukur. Sedangkan Vero maupun kuasa hukumnya tak hadir di lokasi. Hakim sempat memanggil pihak kuasa hukum Vero tiga kali, namun tidak ada yang muncul.

Sidang akhirnya ditunda. Terkait ketidakhadiran Vero, PN Jakut mengaku menerima pemberitahuan. Surat itu berisi pemberitahuan ketidakhadiran Vero. "Dia sudah mengirim surat tidak hadir," kata humas PN Jakarta Utara Jootje Sampaleng.


Jootje mengatakan pihak penggugat maupun tergugat wajib memenuhi panggilan sidang. Soal ketidakhadiran tergugat supaya cepat putus, Jootje menyerahkannya ke yang bersangkutan.

[Gambas:Video 20detik]


"Ya kalau memang dia sudah berkesimpulan dengan atau memuluskan itu terserah tergugat, tergugat yang mempertimbangkan kan. Kita nggak bisa mengorek tanpa kehadiran mereka," jelas Tjotje.

Dalam bahasa hukum diketahui ada putusan verstek, yaitu putusan tanpa kehadiran pihak tergugat. Untuk memberikan putusan ini, Jootje mengatakan hakim akan mempertimbangkan dari pembuktian dalil-dalil gugatan cerai.

Kuasa hukum Ahok, Josefina Agatha Syukur, mengatakan pihak Vero elah menyampaikan untuk tidak menghadiri sidang melalui sepucuk surat. Vero disebut juga tidak akan menunjuk pengacara dan menyerahkan putusan ke majelis hakim.

"Surat pernyataan menyerahkan perkara pada kebijaksanaan hakim karena beliau tidak hadir dan tidak menunjuk kuasa hukum," kata Josefina saat dihubungi detikcom lewat WhatsApp, Rabu (31/1) siang.



(jbr/aan)
FOKUS BERITA: Ahok Gugat Cerai Vero
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed