Cilegon Lumpuh, Mobil Aparat Diterjunkan Angkut Penumpang

M Iqbal - detikNews
Selasa, 06 Feb 2018 11:59 WIB
Cilegon - Ratusan angkot di Kota Cilegon, Banten mogok beroperasi sejak pukul 07.30 WIB. Mereka menolak keberadaan angkutan online yang dianggap merugikan.

Dampaknya, penumpang di 3 trayek yakni Anyer-Cilegon, Merak-Cilegon, dan Cilegon-PCI terlantar lantaran tak ada angkot yang beroperasi. Para penumpang yang terlantar terlihat di beberapa lokasi seperti di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Cilegon.

Para penumpang terlihat duduk-duduk menunggu angkot yang akan membawa mereka ke berbagai tujuan seperti Merak dan Anyer. Penumpang itu bahkan sudah menunggu angkot sejak pukul 10.00 WIB.

"Iya (nggak ada angkot), udah nunggu dari jam 10.00 WIB. Tau sih dari minggu kemarin udah dibilangin sama sopir angkotnya, hari Selasa mau ada demo," kata salah seorang penumpang tujuan Merak, Dita Sagita kepada detikcom, Selasa (6/2/2018).

Dita mengatakan, dirinya bersama puluhan orang dari daerah PCI diantar menggunakan mobil Satpol PP ke Simpang Cilegon. Dari Simpang, ia akan menuju ke Merak untuk pulang ke rumah.

"Tadi aja naik mobil Satpol PP dari PCI ke sini, (dari PCI) jam 10.00 WIB, kebetulan kan di kantor mati lampu, jadi pulang saja," kata dia.

Untuk mengantisipasi, puluhan kendaraan aparat keamanan mulai dari polisi, Satpol PP, dan TNI AL dikerahkan untuk mengangkut penumpang yang terlantar. Para penumpang terlantar imbas dari ratusan angkot mogok operasi.

Mereka yang diangkut menggunakan kendaraan dinas dan operasional aparat keamanan itu akan ke berbagai tujuan seperti Anyer dan Merak. Para penumpang diangkut dari PCI, Kota Cilegon.

"Mobilnya dari Kodim, Lanal Banten, kendaaraan dinas Polres Cilegon sama Satpol PP. Itu bentuk kepedulian dengan penumpang yang terlantar karena ada demo angkot. Itu penumpaqng yang dari PCI ke Anyer dan Merak begitu pun sebaliknya," kata Paur Humas Polres Cilegon Ipda Sigit Darmawan.

Truk dan kendaraan dinas aparat dikerahkan untuk membantu penumpang ke tempat tujuan. Hal itu lantaran arus angkutan umum di Cilegon lumpuh total sejak pukul 07.30 WIB akibat angkot mogok operasi.

"Karena kan lumpuh total karena angkot semuanya demo," ucapnya.

Sementara itu, ratusan angkot mogok beroperasi menolak keberadaan angkutan online yang dinilai merugikan para sopir angkot. Tuntutan para sopir angkot di Cilegon agar angkutan online khususnya taksi diuji KIR dan besaran yang sesuai agar tidak merugikan sopir angkot.

Mereka menggelar aksi di depan DPRD Kota Cilegon, perwakilan sopir angkot pun kini tengah melakukan audiensi di dalam gedung DPRD bersama wakil rakyat dan Dishub serta pihak kepolisian. (asp/asp)