DetikNews
Selasa 06 Februari 2018, 09:32 WIB

Jokowi Kumpulkan Menteri untuk Bahas Pengendalian Kebakaran Hutan

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Kumpulkan Menteri untuk Bahas Pengendalian Kebakaran Hutan Jokowi didampingi JK, Darmin, dan Siti sebelum beri arahan soal pengendalian karhutla. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan 2018. Sejumlah menteri hingga Panglima TNI dan Kapolri hadir dalam acara ini.

Rapat digelar di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018) pukul 09.00 WIB. Menteri yang hadir antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menkum HAM Yasonna Laoly, Menkes Nila F Moeloek. Hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Darmin, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa jumlah kebakaran hutan dan lahan di Indonesia tahun 2017 sudah menurun daripada tahun 2016.

"Kejadian 2017 lebih sedikit dari tahun 2016. Hal ini merupakan bukti keberhasilan upaya pencegahan kebakaran yang dilakukan pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat di sekitar," kata Darmin.

Darmin menjelaskan, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya pencegahan karhutla. Salah satunya membangun sistem peringatan dini.

"Pada kesempatan ini, izinkan kami laporkan upaya pencegahan kebakaran hutan. Saat ini dibangun sistem informasi peringatan dan sistem deteksi dini melalui website di beberapa kementerian seperti KLHK, BMKG, dan LAPAN untuk memudahkan deteksi dan monitoring," paparnya.

Rapat ini juga dihadiri 12 kepala daerah hingga Kapolda dan Dandim. Mereka adalah Kapolda Riau Irjen Zulkarnain Adinegara, Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar, hingga Gubernur Sumsel Alex Noerdin.
(dkp/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed