detikNews
Senin 05 Februari 2018, 11:19 WIB

KNKT dan Puslabfor Olah TKP Lanjutan Cari Penyebab Crane Jatuh

Ibnu Hariyanto - detikNews
KNKT dan Puslabfor Olah TKP Lanjutan Cari Penyebab Crane Jatuh Foto: KNKT dan Puslabfor Polri olah TKP lanjutan jatuhnya crane di Jatinegara. (Ibnu-detikcom)
Jakarta - Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Puslabfor Polri kembali mendatangi lokasi jatuhnya launcher girder crane di proyek double-double track (DDT) di Jatinegara, Jakarta Timur. Kedatangan tim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) lanjutan untuk mencari penyebab kejadian.

Pantauan detikcom rombongan KNKT dan Puslabfor tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB, Senin (5/2/2018). Mereka pun langsung menuju area lokasi proyek.

KNKT dan Puslabfor Olah TKP Lanjutan Cari Penyebab Crane JatuhFoto: KNKT dan Puslabfor Polri olah TKP lanjutan jatuhnya crane di Jatinegara. (Ibnu-detikcom)

Sebelum ke tempat jatuhnya launcher girder crane, para petugas itu melengkapi diri dengan pakaian safety seperti rompi dan helm.


Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Sapta Maulana mengatakan olah TKP ini untuk melengkapi hasil dari olah TKP sebelumnya. Menurutnya, fokus dalam kegiatan olah TKP mencari penyebab pasti jatuhnya launcher girder crane proyek DDT.

"Fokus utama tetap sama mencari penyebab kecelakaan tersebut. Apakah ada kelalaian dilakukan oleh pekerja atau pimpinan," kata Sapta di lokasi.

Jatuhnya launcher girder crane terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, Minggu (4/2). Empat orang tewas dalam kejadian itu.


Polisi juga sudah memeriksa sejumlah saksi, salah satu sopir crane. Tim KNKT dan Puslabfor Polri sudah mengecek lokasi kejadian pada Minggu, 4 Februari 2018.

"Belum bisa menyimpulkan itu apa penyebabnya (jatuh). Besok (hari ini) dilanjutkan lagi," kata Kepala Bidang Balistik dan Metalurgi Forensik (Balmetfor) Puslabfor Polri Kombes Ulung Kanjaya kepada wartawan di lokasi jatuhnya launcher girder crane, Minggu (4/2).
(ibh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed