DetikNews
Minggu 04 Februari 2018, 04:00 WIB

Penasaran, Warga Cari Sosok Penyusun Batu di Sungai Cidahu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Penasaran, Warga Cari Sosok Penyusun Batu di Sungai Cidahu Foto: Warga Desa Jayabakti, Sukabumi, masih penasaran dengan orang misterius yang menyusun batu di sungai dekat perkampungan mereka. (Syahdan-detikcom)
Sukabumi - Warga Desa Jayabakti, Sukabumi, masih penasaran dengan orang misterius yang menyusun batu di sungai dekat perkampungan mereka. Cerita tentang batu bersusun itu masih hangat diperbincangkan warga.

Saat ditemui detikcom, tidak ada satupun dari warga yang mengetahui sosok yang membuat batu tersebut bersusun. Namun mengapresiasi karya kreatif siapapun yang membuat batu bersusun itu.

"Kalau dibilang jadi misteri ya pasti masih jadi misteri, karena warga tidak ada yang tahu siapa mereka atau kelompok penyusun batu itu," kata salah seorang warga Zaenal Arifin (32) saat ditemui di Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2017).


Zaenal sendiri merupakan pemilik bengkel di pinggir Jalan Raya Cidahu. Jarak bengkel menuju sungai hanya 100 meter. Sebelum mulai ramai dan di posting di media sosial dirinya mengaku tidak melihat siapapun masuk ke dalam area sungai, dia baru tahu setelah postingannya ramai.

"Warga sini enggak tahu siapa yang masuk ke area sungai, karena tau-tau ada yang lihat kemudian ramai di posting di media sosial. Memang ini bukan jalan setapak menuju satu-satunya tapi bisa dipastikan saya tidak lihat aktivitas mencurigakan apalagi menyusun batu siang apalagi malam-malam," lanjutnya.

Warga juga tidak mengenal akun bernama Ardan Mardani yang memposting klarifikasi tentang batu bersusun. Dalam Facebooknya Ardan mengaku sebagai warga BTN Cidahu yang tinggal tidak jauh dari sungai.

"Iya warga juga tau postingan (Ardan Mardani) itu dia mengaku sebagai warga BTN dan dalam postingannya dia mengaku melihat orang-orang yang menyusun batu itu. Sekarang saya balik nanya, tidak ada pemuda di sini yang kenal dengan dia, saya asli lahir dan besar di daerah sini tapi tidak mengenal Ardan Mardani, lagipula kalaupun dia melihat dari BTN coba saja chek dari tempat itu ke sungai yang ada batu bersusunnya tidak kelihatan," lanjut Zaenal.

[Gambas:Video 20detik]




Sebelumnya, batu bersusun rapi sebanyak 90 buah berjejer di aliran sungai Kampung Cibojong, RT 01 RW 01, Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Foto dan video batu itu viral di media sosial.

Tak cuma itu, batu yang berjejer di sungai Cidahu tersebut juga banyak yang menyangkutpautkan dengan hal mistis dan fenomena alam. Meski sempat menjadi perdebatan seru di media sosial postingan itu kemudian viral.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed