DetikNews
Jumat 02 Februari 2018, 15:33 WIB

Mensos: KLB di Asmat Sudah Selesai, Tinggal Pengobatan

Denita Br Matondang - detikNews
Mensos: KLB di Asmat Sudah Selesai, Tinggal Pengobatan Mensos Idrus Marham mendatangi Kabupaten Asmat. (Foto: Dok. Kemensos)
Jakarta - Menteri Sosial Idrus Marham menyatakan kasus kejadian luar biasa (KLB) gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat, Papua, telah selesai. Namun Mensos masih berupaya melakukan pengobatan dan pembinaan bagi sejumlah penduduk Asmat.

"Jadi, pertama, situasi di saat Panglima TNI sudah ke sana dan ada penjelasan bahwa KLB sudah selesai, tinggal pengobatan dan pembinaan," kata Idrus di gedung Kemensos, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018).



Idrus mengatakan tim terpadu juga telah melakukan penelusuran di sejumlah rumah yang diduga masih ditempati warga. Warga yang ditemukan terkena gizi buruk dan campak langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.



"Sementara yang terkena dampak setelah dilakukan penelusuran ke rumah-rumah melewati sungai-sungai dua sampai tiga jam langsung dibawa," ujar Idrus

Idrus mengatakan, sejak Kamis (1/1/2018), setidaknya sudah 13 ribu warga Asmat yang dilayani. Selain itu, terdapat lebih dari 170 warga yang dirawat di rumah sakit dan 72 orang meninggal akibat KLB gizi buruk dan campak di Asmat.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed