Ada Insiden 'Kartu Kuning', Jokowi Batal Temui BEM UI

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 02 Feb 2018 12:03 WIB
Mahasiswa UI beri 'kartu kuning' ke Jokowi Foto: Abdul Rosyid/detikTV
Jakarta - Pihak Istana mengatakan bahwa Presiden Jokowi tidak merasa risih akibat insiden 'kartu kuning' yang diacungkan mahasiswa UI. Namun akibat insiden itu, Jokowi batal menemui perwakilan BEM UI.

"Dari awal memang sudah ada agenda Presiden ketemu BEM UI itu selepas acara. Tapi acara itu batal karena aksi tersebut," ujar Staf Khusus Bidang Komunikasi Presiden, Johan Budi SP kepada wartawan, Jumat (2/2/2018).

Peristiwa itu terjadi seusai Jokowi orasi ilmiah dalam dies natalis ke-68 UI di Balairung, Depok, Jabar, hari ini. Johan mengatakan bahwa benda berwarna kuning itu adalah buku.




"Sebenarnya sudah dijadwalkan Presiden menerima Ketua BEM selepas acara, karena katanya ada yang mau disampaikan dari BEM UI kepada Presiden. Tapi, tidak tahu tiba-tiba saat acara di dalam, ada mahasiswa yang mengacungkan buku berwarna kuning (dari penjelasan yang ada, itu buku isinya lagu lagu)," tutur Johan.

Terkait insiden itu, anggota Paspampres yang ada di lokasi langsung menggiring mahasiswa itu ke pintu keluar.


Tidak ada perlawanan dari mahasiswa yang digiring keluar itu. Tak ada perlakuan kasar dari Paspampres meski kemudian mahasiswa tersebut diminta ke luar ruangan oleh Paspampres. Sedangkan peserta lain tetap berada di lokasi.

(dkp/hri)