Spanduk Sosialisasi Perubahan Jl Buncit Jadi Jl AH Nasution Dicopot

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 02 Feb 2018 10:19 WIB
Spanduk di Halte Buncit Indah dicopot petugas. (Kanavino/detikcom)
Jakarta - Spanduk sosialisasi usulan perubahan nama Jalan Buncit Raya menjadi Jalan Jenderal AH Nasution diturunkan. Spanduk diturunkan untuk melaksanakan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar sosialisasi dihentikan.

Pantauan detikcom di Halte Buncit Indah, Jakarta Selatan, Jumat (2/2/2018) pukul 09.55 WIB, dua spanduk yang semula terpasang di jembatan penyeberangan orang (JPO) telah dicopot. Spanduk tersebut diturunkan pada Kamis (1/2) sore kemarin.

[Gambas:Video 20detik]

Lurah Pejaten Barat, Rahmat Basuki, mengatakan penurunan spanduk dilakukan setelah dirinya membaca berita soal pernyataan Anies, yang akan menghentikan sosialisasi. Dia langsung memerintahkan jajarannya mencopot spanduk tersebut.

Spanduk Sosialisasi Perubahan Jl Buncit Jadi Jl AH Nasution DicopotSpanduk di Halte Buncit Indah dicopot petugas. (Kanavino/detikcom)

"Kemarin sore begitu saya baca di medsos kaitannya wawancara Pak Gubernur dengan teman-teman pers. Langsung saya turunin," kata Rachmat saat ditemui di kantornya.

Namun, hingga saat ini, Rachmat menjelaskan belum ada edaran terbaru terkait perintah penghentian sosialisasi perubahan nama jalan.


"Belum ada," ujarnya.

Selain itu, Rachmat menegaskan pemasangan spanduk sosialisasi beberapa hari lalu itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi. Namun sosialisasi itu disebutnya bukan merupakan tahap akhir dalam rencana perubahan nama jalan.

Spanduk sosialisasi perubahan nama Jalan Buncit jadi Jl AH NasutionSpanduk sosialisasi perubahan nama Jalan Buncit jadi Jl AH Nasution. (Dwi Andayani/detikcom)

"Sosialisasi bagian dari rencana kajian untuk perubahan, jadi bukan ending, bukan perubahan, baru sosialisasi. Dengan sosialisasi ini diharapkan ada respons terhadap kajian tersebut. Respons dari masyarakat, perkumpulan, Bamus Betawi dan lain-lain, diharapkan ada respons," tegasnya.

[Gambas:Video 20detik]


Sebelumnya diberitakan, Anies akan menghentikan sosialisasi spanduk-spanduk di Jalan Buncit yang menginformasikan bahwa nama jalan itu akan diubah. Menurut Anies penetapan perubahan nama dibutuhkan proses panjang.

"Dihentikan semuanya. Harus dihentikan semuanya," kata Anies di Gedung Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Kamis (1/2).

Anies menjelaskan perubahan nama Jalan Buncit menjadi Jalan AH Nasution tidak boleh gegabah. Anies akan melibatkan budayawan hingga sejarawan untuk penetapan perubahan nama jalan tersebut.


Pemerintah Kota Jakarta Selatan pun menanggapi pernyataan tersebut. Pemkot akan melaksanakan arahan Anies.

"Kita melaksanakan perintahnya Gubernur. Apa yang diperintahkan, kita sesuaikan dengan yang diarahkan Gubernur," kata Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin saat dihubungi, Kamis (1/2). (knv/hri)