detikNews
Kamis 01 Februari 2018, 22:54 WIB

Sambil Minum Kopi, Pimpinan DPR dan Menkumham Bahas Revisi UU MD3

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Sambil Minum Kopi, Pimpinan DPR dan Menkumham Bahas Revisi UU MD3 Foto: Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto melakukan pertemuan informal dengan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly. Sambil minum kopi dan makan roti, mereka membahas penambahan jumlah kursi pimpinan DPR dan MPR yang sedang digodok dalam revisi UU MD3.

"Tadi kita mengadakan pertemuan informal meeting ya dengan Menkumham terkait banyak hal. Kita melakukan penjajakan dan pembahasan soal UU MD3. Dari pertemuan informal sambil ngopi tadi sambil makan roti itu ditemukanlah beberapa persamaan persepsi," kata Bamsoet usai pertemuan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Bamsoet menuturkan dalam pertemuan tersebut tidak ada perdebatan terkait penambahan kursi pimpinan DPR. Sedangkan untuk penambahan kursi MPR, belum ada kesepakatan dan masih akan dibahas di Badan Legislasi (Baleg).

"Kalau pimpinan DPR sudah selesai. Satu (penambahan kursi pimpinan DPR) kelihatannya suasana kebatinannya oke, nah tinggal di MPR. MPR itu berkembang antara tambah dua dan tambah tiga," ujarnya.

Ia menuturkan, dalam pembicaraan santai tersebut hanya dibahas keterkaitan penambahan kursi pimpinan DPR dan MPR dengan fasilitas yang akan didapat oleh pimpinan baru tersebut.

"Karena penambahan ini kan pasti terkait dengan anggaran, terkait dengan sarana dan prasarana, terkait dengan mobil dinas dan rumah dinas," sebut politikus Golkar itu.

Sementara, Agus Hermanto mengatakan tidak dibahas terkait penambahan dari fraksi mana saja dalam pertemuan itu. Hanya, ia memastikan PDIP akan mendapat jatah kursi pimpinan DPR dan MPR.

"Tapi yang pasti yang bisa saya sampaikan adalah PDIP akan masuk di DPR satu dan di MPR satu. Selebihnya kita lihat perkembangan keputusan di Baleg," tutur Agus.
(yas/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com