DetikNews
Kamis 01 Februari 2018, 16:21 WIB

Menkes: 177 Perawat dan Bidan Dikerahkan Atasi KLB di Asmat

Andhika Prasetia - detikNews
Menkes: 177 Perawat dan Bidan Dikerahkan Atasi KLB di Asmat Foto: Menkes Nila F Moeloek. (Andhika-detikcom)
Jakarta - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek sudah melapor kepada DPR terkait kejadian luar biasa (KLB) di Kabupaten Asmat, Papua. Khusus untuk tenaga medis, Nila mengatakan ada 177 perawat dan bidan yang diterjunkan.

"Dokter umum 7 yang ada. Kemudian 177 sebenarnya perawat dan bidan campur, mereka total 177. Dokter 7, dokter spesialisnya 1 dokter bedah. Ini untuk di Asmat ya," ujar Nila kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (1/2/2018).

Kemenkes dan kementerian lainnya juga sudah menyiapkan rencana jangka pendek hingga jangka panjang untuk mengatasi KLB di Asmat. Jangka pendeknya akan dilakukan imunisasi sampai bantuan tenaga medis. Untuk jangka panjang akan dilakukan monitoring dan evaluasi (monev).

"Jangka pendeknya kan kita atasi imunisasi, perbaikan gizi dengan 10 hari kita kirim logistik dan tenaga kesehatan. Kemudian 10 hari kedua, 10 hari ketiga, satu bulan. Kemudian 1 bulan, 1 bulan, 1 bulan sampai 3 bulan. Kemudian yang jangka panjang ini disepakati ya kita melakukan monev dan lain sebagainya. Tapi bukan hanya Kementerian Kesehatan, jadi di sini semua ikut," papar Nila.

Nila menjelaskan, warga di Asmat tak ada yang menolak diimunisasi. Hal ini berdasarkan laporan dari staf Nila di lokasi.

"Nggak. Sampai saat ini laporan dari staf saya, nggak ada. Tapi memang kita harus melakukan misalnya melakukan pengobatan dan mereka mau," sebutnya.

Persoalan air bersih juga menjadi perhatian pemerintah. Nila menuturkan, kementerian terkait seperti PUPR dan ESDM akan membantu dalam penyediaan air bersih dengan melakukan pengeboran.

"Mereka hanya mengharapkan dari air hujan. Nah sekarang air hujan itu ditampung. Tampungannya kan nggak mungkin mencukupi. Nah ini yang akan dibantu Perupera dan ESDM mencoba dengan bor airnya itu," imbuh Nila.


(dkp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed