DetikNews
Kamis 01 Februari 2018, 11:29 WIB

Pasca-SK Bupati, Pramugari Garuda Rute Aceh Mulai Berkerudung

Agus Setyadi - detikNews
Pasca-SK Bupati, Pramugari Garuda Rute Aceh Mulai Berkerudung Foto: ist.
Aceh - Pramugari maskapai Garuda Indonesia yang melayani rute Aceh sudah mulai menutup kepala. Saat keluar dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, penampilan baru mereka menyita perhatian.

Empat pramugari yang mengenakan seragam biru dan oranye keluar dari pintu kedatangan menuju mobil yang telah menunggu, Kamis (1/2/2018). Mereka membawa koper serta tas. Seragam dinas yang mereka pakai masih seperti sebelumnya. Rok terbelah hingga ke atas lutut.

Hanya, para pramugari ini sudah menutup kepala dengan kerudung berwarna sama dengan seragam. Beberapa warga yang berada di bandara merekam penampilan baru pramugari tersebut.
Pasca SK Bupati, Pramugari Garuda Rute Aceh Mulai Berkerudung

General Manager Garuda Indonesia Cabang Aceh Sugiyono mengatakan pramugari Garuda Indonesia yang bertugas melayani rute Aceh sudah berhijab sejak 1 Februari. Selain itu, pramugari Garuda yang transit di bandara Aceh akan mengenakan kerudung.

"Kita akan menyesuaikan dengan qanun yang berlaku. Untuk pramugari akan mengenakan jilbab mulai dari keluar pesawat hingga ke hotel," kata Sugiyono kepada wartawan.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengirim surat kepada seluruh maskapai yang berisi tentang kewajiban pramugari berjilbab. Meski surat sudah disampaikan pada 18 Januari lalu, hingga kini Pemkab Aceh Besar masih memberi waktu bagi maskapai untuk melakukan persiapan.

"Kita inginkan begitu surat (dikeluarkan) langsung dijalankan tapi kita juga memberi ruang bagi mereka untuk sosialisasi dulu, persiapan dulu dan sebagainya," kata Mawardi.

Menurut Mawardi, dirinya akan mengevaluasi kebijakan yang sudah dibuatnya itu setelah dua bulan kemudian. Jika ada maskapai yang tidak mengindahkan, akan dipanggil.

"Nanti satu dua bulan kita evaluasi lagi. Kita panggil lagi mereka kenapa ini tidak diindahkan kalau seandainya tidak dijalankan," jelas Mawardi.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed