DetikNews
Kamis 01 Februari 2018, 09:08 WIB

Begal Sadis di OKU Timur Ditembak Mati Polisi

Raja Adil Siregar - detikNews
Begal Sadis di OKU Timur Ditembak Mati Polisi Foto: Kapolres OKU Timur, AKBP Irsan Sinuhaji. Fotografer: Raja Adil Siregar/detikcom
OKU Timur - Hamsah (28) dikenal sebagai begal sadis yang meresahkan warga Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur), Sumatera Selatan. Buronan ini akhirnya ditembak mati polisi karena melawan saat hendak ditangkap.

Hamsah yang merupakan warga Desa Riang Bandung Ilir, Kecamatan Madang Suku II ini tercatat sudah 4 kali masuk daftar buronan Polres OKU Timur sejak awal tahun 2018. Terakhir dirinya beraksi di Jalan Raya Desa Sukarame BLT pada Senin 29 Januari 2018 sekitar pukul 21.30 WIB.

"Saat beraksi pelaku memang dikenal sadis dan tidak segan menembak korban jika melawan. Terakhir itu yang dialami korban atas nama Yosef Indra, karyawan Bank Sumsel Babel ini ditembak pada bagian kaki karena tidak mau kasih motornya," kata Kapolres OKU Timur, AKBP Irsan Sinuhaji, saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (1/2/2018).

Irsan mengungkapkan Hamsah beraksi dengan cara memepet korban yang melintasi jalanan sepi dan menodongkan senjata api rakitan. Jika korban melawan, pelaku langsung menarik pelatuk senjata apinya dan mengarakan ke tubuh korban hingga mengalami luka tembak di bagian kaki.

Keberadaan pelaku akhirnya diketahui pada Rabu 31 Januari 2018 malam. Tim Shadow Walet Sat Reskrim Polres OKU Timur langsung melakukan penangkapan saat melihat pelaku melintasi perkebunan karet Desa Sri Mulyo menuju Kecamatan Madang II.

"Tadi malam, kami dapat informasi tentang keberadaan pelaku, saat Tim Shadow Walet melihat pelaku dan berusaha untuk melakukan penangkapan, dia malah menembak petugas. Terpaksa kami ambil tindakan tegas untuk melumpuhkan pelaku," kata Irsan.

Hamsah tewas saat akan dilarikan ke rumah sakit terdekat usai ditembak polisi. Setelah berhasil menembak mati pelaku Hamsah, polisi langsung melakukan pengembangan dan memburu pelaku lain berinisial TG yang telah dikantongi identitasnya.

Adapun barang bukti yang diamankan saat penangkapan yakni, sepucuk senjata api rakitan jenis revolver, dua butir selongsong peluru bekas tembakan ke petugas dan sebilah pisau.
(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed