DetikNews
Rabu 31 Januari 2018, 18:14 WIB

Jaksa Agung Minta Polisi Usut Tuntas Dalang Kasus Ujaran Kebencian

Yulida Medistiara - detikNews
Jaksa Agung Minta Polisi Usut Tuntas Dalang Kasus Ujaran Kebencian Jaksa Agung M Prasetyo (berkemeja putih) /Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Jaksa Agung minta polisi mengusut tuntas setiap kasus ujaran kebencian yang diproses hukum. Prasetyo menyebut penyidikan harus tuntas dilakukan untuk mengungkap dalang di balik kasus.

Prasetyo mengatakan, pihaknya hanya menunggu pelimpahan berkas dari penyidik Polri. Namun jaksa peneliti selalu memberi petunjuk ke penyidik terkait perkara, seperti kasus Saracen.

"Instansi penyidik perkara ini adalah Polri jadi kami sifatnya menunggu. Setiap kali kami menerima kasus seperti ini katakanlah seperti Saracen dan sebagainya. Petunjuk jaksa jelas supaya diungkap juga siapa yang ada di belakang itu, master mindnya siapa, dan penyandang dananya siapa," ujar Prasetyo, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Prasetyo kecewa hingga saat ini kasus ujaran kebencian penangannya belum mengungkap tuntas perkara. Padahal jaksa hanya bersifat menunggu pelimpahan kasus dari polisi.

"Sampai sekarang ini penyidik yang belum mampu diungkap secara keseluruhan," sambungnya.

Terkait dengan gelaran pilkada serentak, Prasetyo menyebut kasus ujaran kebencian harus ditangani.

"Kami tunggu apa pun perkara ujaran kebencian harus ditangani, kalau tidak itu bisa mengancam keutuhan bangsa. Ini hendaknya dihindarkan ketika menghadapi pesta demokrasi yang ada politik identitas," kata Prasetyo.
(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed