Sandiaga Cek Kesehatan di RSUD Pasar Minggu

Indra Komara - detikNews
Rabu, 31 Jan 2018 14:22 WIB
Sandiaga Uno di RSUD Pasar Minggu Foto: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjalani medical check up di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sandiaga tiba di lokasi disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Koesmedi Priharto.

"Kita harus cek rutin. Walaupun olah raga setiap hari, tetap harus cek. Karena kita nggak tahu kan," kata Sandiaga di RSUD Pasar Minggu, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/2018) pagi tadi.

Sandiaga datang masih berpakaian olahraga, mengenakan jaket hitam, celana hitam, dan sepatu kets hitam bertuliskan Sandiaga Uno di bagian belakangnya.

Dua pengawal pribadi Sandiaga juga masih berpakaian olah raga. Maklum, sebelum menuju RSUD Pasar Minggu, Sandiaga melakukan olah raga lari dari kediamannya di Jalan Pulo Bangkeng, Senopati menuju Bulungan, Jakarta Selatan.

"Habis lari beliau main basket di Gor Bulungan, terus renang di Gor bulungan juga. Baru medical check up," ucap Rahman, salah satu pengawal pribadi Sandi.

Di dalam RSUD Pasar Minggu, Sandiaga kemudian diarahkan ke ruang USG untuk dilakukan check up tahap awal. Sandiaga menanggalkan jaket hitamnya dan diganti dengan pakaian khusus pasien rumah sakit.

Saat menuju ruang USG, warga yang sedang berobat juga sempat menyapa orang nomor dua di Jakarta itu. Tak jarang mereka juga mengeluarkan ponsel untuk mendokumentasikan kedatangan Sandiaga.

"Pagi bu, semoga cepat sembuh," sapa Sandiaga.

Sandiaga Uno di RSUD Pasar MingguSandiaga Uno di RSUD Pasar Minggu Foto: Indra Komara/detikcom

Setelah pemeriksaan tahap awal, Sandiaga kemudian dibawa untuk masuk ke ruangan radiologi. Di sana Sandi dilakukan pemeriksaan rontgen thorax.

Sebelum dilakukan tahap medical check lebih lanjut, Sandiaga kemudian menuju ruang medical check up. Tinggi dan berat badan Sandiaga diukur di sana hingga dilakukan pengambilan darah.

"Makin pendek ya bu," kaya sandi berkelakar usai diukur tinggi badannya.

Saat diambil darah, tekanan darah Sandi hanya 97. Artinya tekanan darahnya hampir di bawah normal. "Berarti boleh makan kambing habis ambil darah," ucap Sandi sambil tertawa.

Setelah diambil darah, Sandi dipersilakan untuk mengisi perut. Hal itu wajib sebelum dilakukan tes lebih lanjut.

"Ini sudah boleh makan belum?" tanya Sandi kepada seorang dokter.

Sandi kemudian hanya menyantap buah-buahan. 5 potong buah pir, kelengkeng, dan satu kue. Setelah itu dia menuju ruang THT, mata dan jantung.

Di sana Sandi diperiksa secara detail. Matanya diperiksa menggunakan kacamata khusus. Saat diperiksa THT, Sandi tampak bersemangat.

"Penting nih pendengaran, untuk mendengar suara rakyat," ucapnya.

Sandi diperiksa pendengarannya di ruang audiometri. Sandiaga masuk ke dalam sebuah kotak kemudian dilakukan pemeriksaan dengan mendengarkan bunyi-bunyian dari suara terendah hingga paling besar.

Trakhir, Sandiaga masuk ke ruang treadmill untuk kemudian dilakukan tes jantung. Di ruangan ini Sandi terkagum dengan fasilitas yang disajikan RSUD Pasar Minggu.

"Ini bagus alatnya, ini khusus kesehatan," ujar Sandiaga.

Medical check up pun selesai. Selama melakukan tes medis sang istri Nur Asia selalu menemani di luar ruangan. (hri/hri)