DetikNews
Rabu 31 Januari 2018, 07:22 WIB

Anies akan Temui Sopir Angkot Tanah Abang

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Anies akan Temui Sopir Angkot Tanah Abang Foto: Grandyos Zafna.
FOKUS BERITA: Anies vs Ombudsman
Jakarta - Sopir angkot rute Tanah Abang yang menuntut Jalan Jatibaru dibuka ingin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang menemui mereka. Keinginan itu direspons oleh Anies yang berjanji menemui sopir angkot hari ini.

Tututan itu awalnya disuarakan sopir angkot M03, M08, M09, dan M10 saat unjuk rasa di kawasan Stasiun Tanah Abang, pada Senin 29 Januari 2018. Sopir angkot meminta Jalan Jatibaru dibuka kembali sebagaimana fungsi jalan sebenarnya karena pendapatan mereka menurun drastis.


Sopir angkot ingin agar Anies bisa mengetahui kondisi di lapangan serta mendengarkan langsung tuntutan para sopir. "Saya sudah capek kalau misalkan diskusi lagi, diskusi lagi. Kalau mau gubernurnya yang ke sini, hari Rabu kita tunggu ke sini, gubernurnya yang datang ke sini," kata seorang sopir angkot saat demo dan ditemui oleh Kadishub DKI Andri Yansyah di kawasan Stasiun Tanah Abang pada Senin 29 Januari 2018.

Terkait tuntutan ini, Kadishub kembali akan berkoordinasi dengan gubernur. Dia akan menyampaikan permintaan para sopir angkot."Ya sudah nggak apa-apa kalau itu mau kalian, kita fasilitasi. Saya lapor lagi ke Pak gubernur," ujarnya.


Buntut demo sopir angkot ini juga mengakibatkan bus TransJakarta Tanah Abang Explorer untuk sementara tidak beroperasi. Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede menyebut operasi bus sementara disetop hingga kondisi kondusif. "Kami setop sementara melihat situasi hingga kondusif," kata Mangara di Pintu Air Manggarai, Jalan Tambak, Jakarta Pusat, Selasa 30 Januari 2018.

Mangara menegaskan pihak Pemprov DKI merespons demonstrasi sopir angkot Tanah Abang. Rencananya sopir angkot akan bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu (31/1) besok. Namun belum diketahui jam pertemuan.


Tuntutan sopir angkot akhirnya direspons oleh Anies. Dia berjanji akan mengobrol dengan para sopir terkait tuntutan mereka agar Jalan Jatibaru kembali dibuka pada Rabu 31 Januari 2018. "Ya (ketemu), nanti ada ngobrol juga," kata Anies di Manggarai, Jakarta Pusat, pada Selasa 30 Januari 2018.

Namun, Anies mengatakan persoalan sopir Tanah Abang masih dibahas antara Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan pengurus Organisasi Angkutan Darat (Organda). Dia masih menunggu hasil dari pembicaraan tersebut. "Sedang dibicarakan dengan Organda dan Pak Wagub nanti kami lihat hasilnya," jelasnya.



Sementara itu, Wagub DKI Jakarta akan mengundang para pengusaha angkot di Balai Kota untuk ngopi bareng dan membahas permasalahan angkot di Tanah Abang. "Rencananya Rabu. Rabu pagi kami undang ngopi di sini (Balai Kota)," ujar Sandiaga.

Selain itu, kata Sandiaga, pihaknya bersama Ditlantas Polda Metro Jaya sedang menganalisi tuntutan para sopir angkot yang meminta Jalan Jatibaru kembali dibuka.



"Yang didorong adalah pembukaan kembali Jalan Jati Baru. Nah, ini kan dalam pembicaraan sekarang dengan teman-teman Dirlantas, teman-teman pemangku kepentingan yang lainnya. Jadi ini adalah dalam proses ke arah sana," imbuh dia.

[Gambas:Video 20detik]


(aan/bag)
FOKUS BERITA: Anies vs Ombudsman
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed