DetikNews
Selasa 30 Januari 2018, 15:58 WIB

NasDem Yakin Rekomendasi Pansus Angket KPK di DPR Tak Antiklimaks

Andhika Prasetia - detikNews
NasDem Yakin Rekomendasi Pansus Angket KPK di DPR Tak Antiklimaks Ilustrasi Gedung DPR. (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta - Pimpinan DPR menggelar rapat badan musyawarah dengan fraksi-fraksi. Fraksi NasDem menyebut bahwa rapat kali ini membahas RUU Penyiaran dan bukan soal Pansus Angket terhadap KPK.

"Nggak Ada. Kami nggak membahas rekomendasi (Pansus KPK). Kami membahas UU penyiaran yang baru selesai. Karena UU penyiaran sudah cukup lama untuk disepakati supaya masa sidang ini bisa diselesaikan. Hari ini di jadwal tak bahas rekomendasi Pansus," ujar Sekretaris F-NasDem, Syarif Alkadrie seusai rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Saat ditanya soal rekomendasi terhadap KPK, NasDem menjawab akan memperkuat fungsi lembaga antirasuah itu. Salah satunya dengan memperbaiki proses penyidikan.


"Umpamanya bagaimana proses penyidikan, itu kan perlu diperkuat. Saya tak akan mendahului dulu. Pendapat ini kan dalam rangka draf Pansus, sehingga nanti akan ada rekomendasi yang secara formal akan disampaikan kepada masyarakat umum. Kami akan memperbaiki kinerja KPK," ucapnya.

Syarif menampik bila dikatakan rekomendasi Pansus KPK nantinya bersifat antiklimaks. Padahal sempat ada wacana revisi UU KPK saat Pansus bekerja.


"Tidak, bukan seperti itu. Seperti misalnya merevisi UU KPK kan dalam rangka memperkuat KPK. Karena memang kondisi DPR dalam waktu setahun ini cukup padat untuk tugas di DPR. Sedangkan (revisi UU) KUHP sekarang juga belum selesai. Kita akan kerja bagaimana UU KPK bisa selesai masa keanggotaan DPR sekarang," paparnya.

Seperti diketahui, wacana untuk menghentikan Pansus KPK kian kuat. Sejumlah fraksi di DPR meminta agar Pansus KPK segera dihentikan dengan memberikan rekomendasi.
(dkp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed