DetikNews
Selasa 30 Januari 2018, 10:48 WIB

Rumah Warga dan Objek Wisata di Kota Pagaralam Rusak Disapu Angin

Raja Adil Siregar - detikNews
Rumah Warga dan Objek Wisata di Kota Pagaralam Rusak Disapu Angin Foto: thinkstock
Palembang - Sejumlah rumah di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan rusak akibat diterjang angin kencang beberapa hari terakhir. Bahkan beberapa objek wisata yang ada di kawasan Gunung Dempo ikut terkena imbasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam mencatat ada lima rumah warga rusak akibat angin kencang yang terjadi sejak Sabtu (27/1) siang. Saat ini tim gabungan BPBD dan Basarnas telah menyiagakan peralatan antisipasi bencana alam susulan dari angin kencang.

"Sampai hari ini yang tercatat itu ada lima rumah warga dan objek wisata yang terkena dampak angin kencang sejak beberapa hari terakhir. Kita sudah melakukan penanggulangan dengan mengevakuasi dan memberikan bantuan sementara untuk atap rumah yang terbang dibawa angin," kata Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi kepada detikcom, Selasa (30/1/2018).

Dikatakan Herawadi, tidak ada korban jiwa dari lima rumah warga yang rusak setelah diterjang angin kencang. Saat ini warga ada yang masih harus mengungsi sementara waktu, tetapi ada pula yang tetap tinggal di rumah mereka dengan beratapkan terpal bantuan BPBD.

Selain rumah warga, fasilitas objek wisata di Gunung Dempo yang memiliki tulisan "PAGARALAM" raksasa juga tumbang diterjang angin kencang. Saat ini BPBD Kota Pagaralam menghimbau warga untuk tetap waspada dengan kemungkinan terjadinya angin kencang susulan.

"Untuk kemungkinan terjadinya angin kencang lagi itu bisa saja, maka dari itu kami menghimbau warga untuk waspada dan segera melaporkan jika ada yang terkena dampaknya. Sementara ini rumah-rumah warga yang diterjang angin kencang sudah berangsur kita perbaiki dan terus melakukan pendataan di lapangan," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, angin kencang memporak porandakan rumah warga di Desa Seliber, Desa Pematang Bango dan Kelurahan Tumbak Ulas. Atap-atap rumah warga ini hancur terbawa angin kencang dan sempat membuat panik warga saat kejadian.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed