DetikNews
Senin 29 Januari 2018, 17:36 WIB

Hormati Kedatangan Jokowi, Presiden Afghanistan Tunda Hari Berkabung

Herianto Batubara - detikNews
Hormati Kedatangan Jokowi, Presiden Afghanistan Tunda Hari Berkabung Presiden Joko Widodo tiba di Kabul, Afghanistan (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)
Kabul - Presiden Aghanistan Ashraf Ghani menyambut hangat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengucapkan terima kasih atas rasa simpati Jokowi dan rakyat Indonesia.

"Saya menyambut @jokowi, Presiden Indonesia, negara demokrasi terbesar dan negara berpenduduk muslim paling banyak ke Afghanistan atas nama bangsa yang berduka namun tangguh," tulis Ashraf lewat akun Twitter resminya, @ashrafghani, seperti dilihat detikcom, Senin (29/1/2018).

Untuk menyambut kedatangan Jokowi, lanjut Ashraf, pemerintah Afghanistan telah menunda hari berkabung nasional untuk para martir korban ledakan teror bom.

"Sejalan dengan tradisi keramahan kita, kita telah menunda berkabung nasional (Fatihah) bagi orang-orang yang menjadi martir sampai besok, untuk menghormati kunjungan Anda (Jokowi, red)," tulisnya.

Jokowi siang ini tiba di Kabul dengan pesawat kepresidenan Indonesia-1. Ini adalah hari keenam lawatannya ke lima negara di Asia. Ada sejumlah agenda penting yang akan dilakukan Jokowi selama di sana.


"Seharian penuh di Kabul, saya akan bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani, lalu Majelis Perdamaian Tinggi Afghanistan, dan mengunjungi Istana Darul Aman," kata Jokowi.

Jokowi tiba di Kabul setelah pagi tadi terjadi ledakan di dekat akademi militer. Kedatangan Jokowi dikawal ketat 2 helikopter dan kendaraan lapis baja.


(hri/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed