DetikNews
Minggu 28 Januari 2018, 16:55 WIB

Alami Gizi Buruk, Bocah 9 Tahun di Babel Hanya Berbobot 15 Kg

Deni Wahyono - detikNews
Alami Gizi Buruk, Bocah 9 Tahun di Babel Hanya Berbobot 15 Kg Foto: Rohim, bocah 9 tahun alami gizi buruk di Bangka Belitung. (Deni Wahyono-detikcom)
Bangka Tengah - Rohim (9) seorang anak di Desa Belilik, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung menderita gizi buruk. Rohim hanya memiliki berat badan 15 kilogram.

Rohim kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Tengah setelah berbulan-bulan menderita gizi buruk. Anak tersebut baru dibawa ke rumah sakit setelah diketahui warga.

"Menurut dokter spesialisnya pasien ini gizi buruk, karena kita punya perhitungan sendiri untuk mengukur kadar gizi seseorang," kata asisten spesialis anak Rumah Sakit Daerah Bangka Tengah dr. Suminda, Minggu (28/1/2018).

Pihak RS masih mencari tahu penyebab Rohim menderita gizi buruk. Dilanjutkan Suminda, Rohim awalnya dibawa ke RS dengan keluhan diare dan muntah.

"Pasien ini datang ke rumah sakit dengan keluhan diare dan muntah selama satu bulan, hingga kini kita masih mencari tau kenapa bisa terjadi gizi buruk,"ujarnya.

Alami Gizi Buruk, Bocah 9 Tahun di Babel Hanya Berbobot 15 KgFoto: Rohim, bocah 9 tahun alami gizi buruk di Bangka Belitung. (Deni Wahyono-detikcom)

Kondisi ini pun menjadi sorotan Komisi Perlindungan Anak Daerah Bangka Belitung yang menjenguk Rohim di rumah sakit. Mengingat usianya yang harus sekolah, Rohim malah tak pernah mengenyam bangku pendidikan.

"Anak ini baru berusia 9 tahun dan belum sekolah, kita segera mencari solusi agar Rohim bisa bersekolah, dengan bekerja sama dengan instansi terkait" kata Sapta Qodria Ketua KPAD Babel.

Tak hanya menderita gizi buruk, Rohim juga menderita penyakit lain seperti TBC. Saat ini kondisi rohim mulai membaik namun masih harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed