detikNews
Sabtu 27 Januari 2018, 15:25 WIB

Curi Besi Pagar Bandara, Mad Soleh Ditangkap Polisi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Curi Besi Pagar Bandara, Mad Soleh Ditangkap Polisi Foto: dok. Istimewa
Tangerang - Polisi menangkap Mad Soleh (31) karena mencuri besi pagar Bandara Budiarto, Curug, Kabupaten Tangerang. Tersangka mencuri besi pagar dengan cara memotong menggunakan gunting besi.

"Pelaku mengakui bahwa perbuatannya dilakukan dengan cara terlebih dahulu menggunting satu persatu jari-jari kawat pagar dengan menggunakan gunting besi," kata Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan (Tangsel) AKP Ahmad Alexander Yurikho dalam keterangannya, Sabtu (27/1/2018).

Perbuatan Mad Soleh terungkap saat pihak bandara melaporkan kehilangan pagar besi pada 12 Januari 2018. Saat itu sebanyak 32 lembar pagar BRC hilang.

"Sehingga pihak Bandara Budiarto menderita kerugian sebesar Rp 33 juta," ujar Alexander.
Pagar besi Bandara Budiarto, Curug yang dicuri Mad Soleh.Pagar besi Bandara Budiarto, Curug yang dicuri Mad Soleh. Foto: dok. Istimewa

Setelah polisi melakukan penyelidikan, diketahui Mad Soleh melakukan aksinya bersama Padil yang masih berstatus DPO. Mereka sudah berkali-kali melakukan aksi serupa.

"Bersama-sama dengan Padil sebanyak 4 kali selama bulan November, Desember 2017 sampai dengan pertengahan bulan Januari 2018," ungkap Alexander.

Kepada polisi tersangka mengaku pagar yang dicurinya itu dijual ke tukang besi. Satu karung pagar besi dijual seharga Rp 400 ribu.

"Dijual ke tukang jual beli barang bekas keliling sebesar Rp 400 ribu," katanya.

Mad Soleh dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Perbuatannya dianggap membahayakan penerbangan di bandara.

"Ketiadaan pagar dapat membahayakan proses penerbangan karena landasan pacu dapat menjadi tidak steril baik dari hewan maupun orang, karena tidak ada pagar yang membatasi," pungkasnya.
(abw/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com