DetikNews
Sabtu 27 Januari 2018, 09:11 WIB

Polisi Sebut Flyover Pancoran Kurangi Kemacetan 90 Persen

Haris Fadhil - detikNews
Polisi Sebut Flyover Pancoran Kurangi Kemacetan 90 Persen Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Polda Metro Jaya mengakui ada pengurangan kemacetan hingga 90 persen setelah Flyover Pancoran beroperasi. Namun, masih diperlukan rekayasa agar arus lalu lintas bisa lebih lancar.

"Sekitar 90 persen, sudah bagus tapi masih perlu rekayasa lagi. Saya sarankan Trans (bus TransJakarta) karena di situ Trans di bawah dan di ujung flyover akan terjadi kepadatan. Saat ini, dia di bawah kalau di ujung dia ketemu yang dari flyover. Dia nyilang mau masuk jalurnya lagi," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (27/1/2018).

Menurut Halim, bus TransJakarta lebih baik melintasi flyover. Ia juga menyebut akan ada rekayasa berupa pemasangan barrier agar kendaraan dari bawah tidak langsung bersilangan dengan kendaraan yang turun dari flyover.

"Iya (bus TransJakarta naik ke flyover). Dia di Kuningan sudah setuju. Jalan lorong yang dari Pancoran itu kita buat rekayasa pakai barrier supaya nggak menyilang langsung ke flyover," ucap Halim.

Ia juga meminta pihak kontraktor flyover Pancoran menyelesaikan tanggung jawabnya seperti memperbaiki jalan berlubang yang ada di bawah fly over. Selain itu, Halim juga menegaskan agar proyek infrastruktur dikerjakan mulai pukul 23.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB agar tidak menimbulkan kepadatan lalu lintas.

"Saya sampaikan ke Nindya (PT Nindya Karya) supaya yang di bawah diselesaikan jalan yang berlubang yang masih tanggung jawabnya dibersihkan supaya memaksimalkan fungsi jalan," ujarnya.

"Setelah adanya ini (perbaikan jalan yang berlubang) mungkin akhir bulan disanggupi PT Nindya yang melaksanakan flyover, itu masuk ke pembangunan LRT dari PT Adhi Karya. Seluruh proyek infrastruktur seyogyanya pukul 23.00 WIB jalanlan aktivitas kalau tidak bikin kepadatan. Saya pernah tegur pukul 21.00 WIB kemarin malam panjang di Pancoran saya hentikankan," pungkas Halim.


(haf/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed