DetikNews
Jumat 26 Januari 2018, 10:56 WIB

Bea Cukai Soekarno-Hatta Musnahkan Miras yang Dibawa Penumpang

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Bea Cukai Soekarno-Hatta Musnahkan Miras yang Dibawa Penumpang Pemusnahan miras oleh Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom
Jakarta - Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta memusnahkan 120 botol miras yang dibawa penumpang dari luar negeri. Ratusan botol miras itu disita petugas karena melebihi batas maksimal.

"Karena ini memang jumlahnya ini memang cukup banyak, akhirnya kita bawa kemari. Jumlahnya ada 120 botol. Itu sudah kita kasih hak mereka," kata Kepala Bea Cukai Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang, di Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (26/1/2018).

Erwin mengatakan, ratusan botol itu dibawa 6 orang WNI dari Singapura pada Kamis (25/1). Keenam penumpang itu memasukkan miras tersebut ke dalam 10 koper berbeda.


Pemusnahan miras oleh Bea Cukai Bandara Soekarno HattaPemusnahan miras oleh Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom

Dia menambahkan setiap penumpang hanya diizinkan membawa 1 botol miras. Jika melebihi jumlah yang ditentukan, barang bawaan penumpang itu akan langsung disita dan dimusnahkan sebagaimana diatur dalam UU kepabeanan.

"Kita kasih izin untuk pribadi untuk bawa minuman sebanyak 1 liter. Kayaknya masyarakat selama ada yang belum ngerti," ujarnya.



Pemusnahan miras oleh Bea Cukai Bandara Soekarno HattaPemusnahan miras oleh Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom

Pemusnahan ratusan botol miras itu dilakukan langsung oleh Erwin beserta jajarannya. Setiap botol dituangkan ke dalam drum kemudian dibuang di saluran pembuangan air.

"Rata-rata dalam 1 hari kita melakukan pencegahan kepada 50 orang. Itu dasarnya tidak asal-asalan, sudah pakai risk manajemen, sudah pakai analisa yang mendalam," pungkasnya.
(abw/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed