Laporan dari New Delhi

Malam-malam, Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Modi

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jumat, 26 Jan 2018 00:34 WIB
Presiden Jokowi (Rusman/Biro Pers Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan rangkaian kunjungannya ke India. Setelah menghadiri KTT ASEAN-India, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM India Narendra Modi.

Pertemuan bilateral berlangsung di Hotel Taj Diplomatic Enclave, New Delhi, India, dimulai pukul 21.15 waktu setempat, Kamis (25/1/2018). Jokowi dan Modi sama-sama didampingi menteri masing-masing.

Menteri yang mendampingi Jokowi antara lain Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Hadir pula Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.

Pertemuan berlangsung secara tertutup selama kurang-lebih satu jam. Belum ada keterangan resmi mengenai materi pembicaraan seusai pertemuan.

Selepas pertemuan, Jokowi tampak berbincang dengan Retno dan Pramono di lobi hotel. Perbincangan berlangsung singkat sebelum Jokowi kemudian menuju kamarnya di lantai 7.

Sebelumnya, dalam sesi retreat di siang hari, Jokowi mengemukakan pentingnya kerja sama maritim antara ASEAN dan India. Pernyataan Jokowi, kata Menlu Retno, juga direspons positif oleh Modi. (bag/dnu)