Disebut di Sidang Suap Proyek Bakamla, Kahar: Masalahnya Apa?

Disebut di Sidang Suap Proyek Bakamla, Kahar: Masalahnya Apa?

Tsarina Maharani - detikNews
Kamis, 25 Jan 2018 19:42 WIB
Ketua Komisi III DPR Kahar Muzakir (Andhika Prasetia/detikcom)
Ketua Komisi III DPR Kahar Muzakir (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Nama Ketua Komisi III DPR Kahar Muzakir sempat disebut dalam persidangan di Pengadilan Tipikor (24/1/2018) terkait suap proyek Bakamla. Ia tak mau mempersoalkan hal tersebut.

"Saya dengar begitu, tapi biar saja kan. Kalau nama disebut aja, terus masalahnya apa?" kata Kahar kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Kahar menilai penyebutan namanya di dalam percakapan antara anggota DPR Fayakhun Andriadi dan Managing Director PT Rohde and Schwarz, Erwin Arief, tidak mengindikasikan apa pun. Ia mengaku sama sekali tidak ada sangkut paut dengan penerimaan uang proyek Bakamla.

"Lah kalau nyebut nama saya kan nggak ada masalah uang. Menyebut nama-nama orang yang saya hafal itu misal sebut siapa. Terus ilustrasinya terus wah kan nggak gitu," ucapnya.


Ia merasa namanya dicatut secara sepihak. Bahkan Kahar mengatakan pihak yang melakukan percakapan dengan Fayakhun tidak mengenalnya.

"Oh iya dong (pencatutan). Kan baca saja. Kalau saya nggak salah saya dikirimi juga ada keterangan orang yang katanya chatting sama Fayakhun. Kalau nggak salah, orang itu ditanya Kahar siapa? Nggak tahu Pak. Konteksnya itu masalahnya apalah orang itu ada duit. Gitulah kira-kira. Tapi diilustrasikan gini-gitu. Kita ini bersaudara," ujar Kahar.

Jaksa KPK kemarin menunjukkan percakapan antara Fayakhun dan Erwin dalam persidangan. Berikut ini percakapan Fayakhun dengan Erwin Arief yang ditampilkan dalam persidangan:

Fayakhun: Bro, tadi saya sudah ketemu onta, SN dan Kahar. Semula dari KaBa yang sudah ok drones, satmon belum. Tapi saya sudah "paksa" bahwa harus drones + satman total 850. Onta sudah konfirmasi dengan KaBa dan saya ok utk fahmi dapet 2 items, drones dan satmon 850.

Fayakhun: Skrg semestinya onta ketemu Fahmi. Begitu ok saya perlukan senin dimulai didrop

Erwin Arief: Ok nanti aku kabarin fahmi sekrg. (nvl/nvl)