Polisi Cek Kesehatan Sopir dan Penumpang di Terminal Kalideres

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 24 Jan 2018 20:17 WIB
Ilustrasi (Dok. Terminal Kalideres)
Jakarta - Polres Metro Jakarta Barat mengirimkan dokter untuk mengecek kesehatan sopir dan penumpang di Terminal Kalideres. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya pengecekan kesehatan bagi sopir ataupun kondektur saat bertugas.

"Ini kerja sama kami dengan Jasa Raharja. Ada sekitar 80 orang yang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis ini. Semoga, terutama para sopir bus untuk menjaga kesehatannya dalam bekerja, mengingat mereka membawa penumpang yang pastinya membawa keselamatan nyawa penumpangnya," kata Kaur Dokkes Polres Metro Jakarta Barat Iptu Darman dalam keterangannya, Rabu (24/1/2018).

Setelah dicek oleh tim dari Polres Jakarta Barat, beberapa sopir mengeluh kecapaian. Tak hanya itu, mereka juga mengaku banyak meminum minuman suplemen agar terlihat bugar.

"Sopir ini kan rawan, misal gara-gara kecapaian kemudian dia malah meminum obat yang dilarang agar terlihat fit," ucap Darman.

Program ini diharapkan terus berlanjut. Sebab, para sopir dan kondektur itu membawa penumpang antar-provinsi, bahkan antar-pulau.

"Dengan sudah adanya kerja sama antara kepolisian dan Jasa Raharja dalam bidang pelayanan kesehatan, kami berharap akan terus berlanjut di kemudian hari," ucap Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi.

Sementara itu, Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain mengaku hanya melakukan tes kesehatan di waktu-waktu tertentu. Belum ada tempat khusus atau jadwal rutin pengecekan kesehatan bagi para sopir.

"Kita sewaktu-waktu kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas Kecamatan Kalideres," ucap Revi saat dihubungi.

Revi mengatakan penting bagi terminal memiliki lokasi pengecekan kesehatan. Dia akan menghubungi pihak terkait untuk menyediakan pos pelayanan kesehatan.

"Mungkin, ke depannya kita perlu kerja sama lagi dengan instansi terkait agar bisa selalu tersedia layanan kesehatan di Terminal Kalideres," ucap Revi. (aik/idh)