DetikNews
Rabu 24 Januari 2018, 16:17 WIB

Kasus Akil Mochtar, Eks Sekda Kota Palembang Diperiksa KPK

Raja Adil Siregar - detikNews
Kasus Akil Mochtar, Eks Sekda Kota Palembang Diperiksa KPK
Palembang - Penyidik KPK memeriksa mantan Sekda Kota Palembang, Ucok Hidayat terkait kasus suap Pilkada Kota Palembang, Sumatera Selatan, tahun 2013 lalu. Ucok diperiksa sebagai saksi dalam kasus yang melibatkan Muchtar Effendi, tangan kanan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar.

"Saya diperiksa karena waktu itu menjabat Sekda, tetapi di sini saya diperiksa sebagai saksi dalam kasus sengketa Pilkada Kota Palembang tahun 2013. Banyak pertanyaan, semua terkait Muchtar Effendi," kata Ucok Hidayat usai diperiksa penyidik KPK di ruang Tipikor Polresta Palembang, Rabu (24/1/2018).

Dalam proses pemeriksaan yang berlangsung selama hampir dua jam, dirinya mengaku tidak mengenal sosok Muchtar Effendi. Alasan itulah yang membuat penyidik KPK tidak melanjutkan pertanyaan terkait kasus yang sempat membuat geger ini.

"Saya dipanggil sekitar seminggu atau tiga hari yang lalu melalui surat. Inti pertanyaan terkait Muchtar Effendi semua, tapi karena saya tidak kenal jadi pertanyaan tidak diteruskan," sambung Ucok yang saat ini menjabat sebagai Manager Sriwijaya FC.

Selain memeriksa Ucok, sebelumnya penyidik KPK telah lebih dahulu memeriksa mantan Ketua KPU Kota Palembang, Efiani dan pihak bank BUMN secara maraton. Seluruhnya diperiksa sebagai saksi Muchtar Effendi dalam kaitan kasus sengketa Pilkada kota Palembang periode 2013-2018 dan melibatkan Akil Mochtar dan Wali Kota Palembang, Romi Herton.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed