DetikNews
Rabu 24 Januari 2018, 13:22 WIB

Daoed Joesoef akan Dimakamkan Secara Militer

Seysha Desnikia - detikNews
Daoed Joesoef akan Dimakamkan Secara Militer Foto: Daoed Joesoef akan Dimakamkan Secara Militer (Seysha-detikcom)
Jakarta - Jenazah Daoed Joesoef akan dimakamkan di Pemakaman Giri Tama, Bogor. Rencananya, jenazah akan dilakukan pemakaman secara militer.

Pantauan detikcom di kediaman Daoed Joesoef, Jalan Bangka VII, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018), Sebelum dimakamkan Jenazah disalatkan di pendopo dekat rumahnya. Setelah itu jenazah dipindahkan dari keranda ke peti mati warna putih.

Sebelum dibawa ke pemakaman dilakukan prosesi serah terima jenazah dari keluarga ke negara. Prosesi tersebut dipimpin oleh Irjen kemendikbud Daryanto.

"Saya atas nama keluarga besar menyerahkan jenazah doktor Daoed Joesoef kepada pemerintah," ujar menantu Daoed Joesoef Bambang

"Penerimaan jenazah atas nama negara Doktor Daoed Joesoef untuk dimakamkan secara militer," jawab Irjen kemendikbud Daryanto.

Dalam sambutannya, Daryanto mengucapkan duka cita. Ia berpesan kepada keluarga untuk tabah dan ikhlas.

"Atas nama permerintah mengucapkan duka cita yang sedalam-dalamnya pada keluarga almarhum yang dengan tabah tawakal dan ikhlas," ujar Daryanto.

Kemudian jenazah langsung dibawa ke pemakaman Giri Tama, Bogor. Jenazah dibawa secara iring-iringan untuk dimakamkan secara militer.


Meutia Hatta: Daoed Joesoef, Mendikbud yang Selalu Ikuti Perkembangan

Putri Bung Hatta Meutia Hatta melayat ke rumah duka Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Presiden RI ke-2 Soeharto, Daoed Joesoef. Meutia mengenang almarhum sebagai sosok yang mengikuti perkembangan tetapi tetap memegang prinsip.

"Beliau adalah menteri pendidikan yang selalu mengikuti perkembangan tapi selalu mengingat kembali prinsip membangun negara ini," papar Meutia Hatta di kediaman Daoed Joesoef.

Meutia bercerita, Daoed selalu mengingatkan jika ada sesuatu yang tidak sesuai. Menurutnya, almarhum adalah sosok yang konsisten dan menjadi teladan.

"Apa-apa kalo tidak sesuai dengan itu beliau mengingatkan kembali. Jadi itu ya, jadi beliau sosok yang konsisten itu teladan dari beliau sudah lanjut usia tapi kembali kepada prinsip pembangunan sehingga kalau ada yang keliru,beliau mengingatkan,"

Meutia mengingatkan kepada para pejabat untuk meniru pola pikir Daoed. Bukan hanya penjabat di bidang pendidikan, tapi juga pejabat di bidang lain.

"Jadi ini pola pikir yang besar yang harus ditiru pejabat negara bukan hanya di bidang pendidikan tapi juga pejabat yang membangun negara ini," tutur Meutia.


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed