KPK Nilai Novanto Masih Sangkal Soal Keterlibatan di e-KTP

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 24 Jan 2018 12:39 WIB
Setya Novanto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Setya Novanto mulai menunjukkan sikap kooperatifnya melalui pengakuan adanya keterlibatan anggota DPR lainnya. Namun rupanya KPK menilai terdakwa kasus korupsi e-KTP itu masih menyangkal keterlibatannya sendiri.

"Kita lihat di persidangan, terdakwa masih terus menyangkal sejumlah keterlibatannya meskipun sejumlah bukti sudah dibuka," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada detikcom, Rabu (24/1/2018).

Febri juga menyebut Novanto belum memberi informasi baru dalam kasus e-KTP. Padahal Novanto mengaku sudah mempunyai catatan soal nama-nama anggota DPR yang disebutnya menerima uang dari proyek e-KTP.


"Sejauh ini belum ada hal yg baru dan signifikan yang disampaikan dalam proses pemeriksaan di KPK atau pun pengadilan," ujar Febri.

Novanto juga irit bicara saat ditanya apakah sudah memberi catatan soal nama-nama itu ke KPK atau belum. "Waduh, tanya penyidik tuh," ucap Novanto usai diperiksa penyidik KPK, Selasa (23/1) kemarin.

Pada Senin (15/1), ketika menjalani persidangan, Novanto yang sudah mengajukan diri sebagai justice collabolator mulai menunjukkan sikap kooperatifnya. Salah satu sinyal yang ditunjukkan Novanto adalah tentang catatan yang disebutnya berisi nama para anggota DPR yang menerima aliran uang proyek e-KTP. Selama persidangan yang dijalaninya, Novanto memang memperhatikan keterangan para saksi.

Bahkan dia pernah terlihat menenteng buku bersampul hitam yang berisi coretan-coretan tangannya. Beberapa kali Novanto menuliskan sesuatu di buku itu. (haf/dhn)