DetikNews
Rabu 24 Januari 2018, 12:38 WIB

Kahar Resmi Jadi Ketua Komisi III, Bamsoet Ucapkan Selamat

Tsarina Maharani - detikNews
Kahar Resmi Jadi Ketua Komisi III, Bamsoet Ucapkan Selamat Foto: Tsarina Maharani/detikcom
Jakarta - Kahar Muzakir disahkan sebagai Ketua Komisi III DPR. Ia menggantikan Bambang Soesatyo yang saat ini menjabat sebagai ketua DPR.

Kahar dilantik langsung oleh Bamsoet dalam rapat pleno Komisi III di ruang rapat Komisi III DPR, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada Rabu (24/1/2018) pukul 11.45 WIB. Seremonial pelantikan berlangsung sederhana dengan penyerahan palu sebagai simbol perpindahan jabatan.


Bamsoet pun menyampaikan selamat pada Kahar usai pengesahannya sebagai Ketua Komisi III DPR yang baru.

"Atas nama pribadi dan pimpinan dewan, saya ucapkan selamat pada Pak Kahar khususnya. Semoga diberkati serta dilindungi sampai akhir jabatan," ucap Bamsoet usai pelantikan.

Kahar pun sempat menyampaikan sambutan usai dilantik. Ia menyampaikan akan meneruskan visi dan misi yang sebelumnya diusung oleh Bamsoet.

"Sebetulnya kan saya ini mendapatkan warisan dari Pak Bamsoet. Jadi visi dan misinya tidak jauh berbeda barangkali. Yang baik akan kita tambah dan akan kita tingkatkan," ujar Kahar singkat.


Penunjukan Kahar menggantikan Bamsoet ini sebelumnya dibeberkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pertimbangan pengalaman menjadi alasan Airlangga memunculkan nama Kahar.

"Ya kan salah satu yang senior di Partai Golkar adalah Pak Kahar. Kalau Golkar kan ahli di mana saja," sebut Airlangga.

Pergantian posisi ini berawal dari kursi Ketua DPR yang kosong setelah Setya Novanto ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam kasus korupsi e-KTP. Kursi ini tetap menjadi hak Fraksi Golkar, sehingga Airlangga kemudian menunjuk Bamsoet, yang merupakan Ketua Komisi III untuk mengisi posisi tersebut.

Hingga akhirnya hari ini Kahar Muzakir akan ditetapkan sebagai Ketua Komisi III menggantikan Bamsoet.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed