DetikNews
Rabu 24 Januari 2018, 00:01 WIB

Gempa Lebak, Pemprov Banten Siapkan Dana untuk Bangunan yang Rusak

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Gempa Lebak, Pemprov Banten Siapkan Dana untuk Bangunan yang Rusak Suasana pascagempa di Lebak, Banten (Foto: Dok. Humas Polda Banten)
FOKUS BERITA: Gempa Banten 6,1 SR
Lebak - Pemerintah Provinsi Banten menyiapkan dana untuk membantu perbaikan bangunan yang rusak akibat gempa 6,1 SR di Kabupaten Lebak. Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan bantuan akan diberikan untuk membangun kembali rumah warga, sekolah, dan rumah ibadah yang rusak.

"Kita akan perbaiki, kita lagi (siapkan) dana bencana, kita lagi konsolidasi, berapa bentuk uang kita bantu, atau kita bangun kembali rumahnya," kata Wahidin Halim kepada detikcom, Selasa (23/1/2017).


Wahidin mengaku prihatin atas bencana gempa yang mengakibatkan rumah rusak, khususnya di daerah pesisir Banten selatan. Ia sudah meminta Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meninjau ke lapangan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar menginventarisasi kerusakan rumah, sekolah, dan tempat ibadah.

Selain itu, ia meminta bupati, khususnya di daerah terdampak, juga membantu memperbaiki rumah warga yang rusak.


"Anggaran tergantung inventarisasi tingkat kerusakan. Ada rusak ringan dan berat, saya sudah perintahkan Pak Wagub dan rombongan yang masih di Lebak," katanya.

Rencananya, Wahidin mengatakan akan melakukan kunjungan besok ke daerah yang paling terdampak akibat gempa di Lebak.


Ia juga berpesan kepada warga Banten tetap tenang dan tidak mudah percaya pada kabar hoax. Sebab, sebelumnya beredar informasi akan ada gempa susulan.
(bri/nvl)
FOKUS BERITA: Gempa Banten 6,1 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed