DetikNews
Selasa 23 Januari 2018, 20:48 WIB

Bertemu Dubes Slovakia, Sandiaga Tersengsem Plastik dari Jelantah

Indra Komara - detikNews
Bertemu Dubes Slovakia, Sandiaga Tersengsem Plastik dari Jelantah Wagub DKI bertemu Dubes Slovakia untuk Indonesia Michal Slivovic. (Indra/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta melakukan pertemuan dengan Dubes Slovakia untuk Indonesia. Pertemuan itu membahas kerja sama sedimentasi dan pengendalian banjir.

"Kedatangan Dubes Slovakia menawarkan kerja sama investasi di bidang sedimentasi dan bagaimana memastikan pengendalian banjir lebih baik di DKI. Kedua, mengubah plastik-plastik yang selama ini banyak menimbulkan kesulitan lingkungan, kebetulan produk dari Slovakia ada plastik yang dalam 90 sampai 180 hari bisa biodegradable secara full," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2018).

Sandiaga mengatakan produk plastik yang ditawarkan dari Slovakia itu terbuat dari minyak jelantah. Kerja sama ini sedang dilakukan tahap merger oleh PT PAL dan PT PAM.

"Kita bisa menggunakan minyak jelantah yang dibuang ke selokan dan akhirnya menjadikan problem dalam mengelola saluran kita," paparnya.

"Ini bisa ternyata dijadikan plastik yang bagus seperti ini. Kalau misalnya ditanam di dalam seperti landfill dan lain sebagainya, 90 sampai 120 hari akan musnah dengan sendirinya menjadi air," lanjutnya.

Sandiaga berharap kerja sama ini bisa terealisasi. Pertemuan awal ini dikatakannya baru sebatas memperkenalkan produk plastik tersebut.

"Jadi itu yang kita jajaki. Mudah-mudahan bisa membawa investasi ke Indonesia dan membawa teknologi terkini," ucapnya.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed