DetikNews
Selasa 23 Januari 2018, 14:47 WIB

Kasus Tanah, Anggota DPRD Sumsel Jadi Tahanan Kota

Raja Adil Siregar - detikNews
Kasus Tanah, Anggota DPRD Sumsel Jadi Tahanan Kota Reda Manthovani (raja/detikcom)
Palembang - Anggota DPRD Sumatera Selatan, Rudi Apriadi ditetapkan sebagai tahanan kota oleh Kejaksaan Tinggi Sumsel. Penetapan ini diduga terkait keterlibatan Rudi dalam kasus pemalsuan Surat Pelimpahan Hak Atas Tanah dan telah memenuhi unsur pidana.

"Kemarin kita sudah menerima pelimpahan berkas dari penyidik Polda Sumsel, tersangka berikut berkasnya akan segera dilimpahkan ke pengadilan. Tetapi sejauh ini karena di Polda tidak ditahan, maka kami mempertimbangkan dengan opsi tahanan kota," kata Asisten Pidana Umum Kejati Sumsel, Reda Mantovani kepada detikcom, Selasa (23/1/2018).

Dilanjutkan Reda, jika selama proses berjalan tersangka yang merupakan wakil rakyat ini keluar dari wilayah hukum kota Palembang, maka tidak menutup kemungkinan untuk Jaksa mempertimbangkan ulang dan melakukan penahanan rutan.

"Sekarang status masih tahanan kota, tapi kalau memang dia keluar kota Palembang ya nanti akan kita pertimbangkan untuk jadi tahanan rutan saja," ujar Reda.

Sebagaimana diketahui, tersangka dilaporkan oleh Iskandar Bandarpranata atas dugaan pemalsuan surat tanah seluas 6 hektare di Talang Buluh, Kecamatan Ilir Timur II. Lahan ini sebelumnya merupakan wilayah Kabupaten Banyuasin, tetapi telah dimekarkan dan masuk wilayah Kota Palembang.

Atas perbuatanya, Rudi disangka melanggar Pasal 263 KUHP juncto Pasal 266 KUHP tentang Pemalsuan Surat Tanah.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed