DetikNews
Selasa 23 Januari 2018, 14:15 WIB

Ratusan Liter BBM Oplosan di Lhokseumawe Diamankan

Datuk Haris Maulana - detikNews
Ratusan Liter BBM Oplosan di Lhokseumawe Diamankan
Lhokseumawe - Personel Satuan Reskrim Polres Lhokseumawe mengungkap tindak pidana dugaan pemalsuan BBM berbagai jenis. Petugas menyita ratusan liter bahan bakar jenis premium, pertalite, solar serta mengamankan tiga orang diduga sebagai pemilik BBM oplosan tersebut.

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Budi Nasuha Waruwu mengatakan penangkapan itu dilakukan oleh personel Resmob bersama Unit Lidik III Tipiter setelah dilaporkan oleh masyarakat. Lokasi penangkapan di Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh

"Setelah adanya laporan, saya bersama tim langsung turun ke lokasi untuk menyelidiki kebenarannya. Kita dapatkan lokasinya, selanjutnya kita lakukan penindakan," kata Budi kepada detikcom, Selasa (23/1/2018).

Penangkapan itu terjadi pada Senin (22/1/2018) sekitar pukul 12.30 WIB. Pertama ditindak di Desa Kampung Jawa Baru kemudian di Jalan Listrik, Pasar Inpres dan di Desa Hagu Barat Laut.

Polisi menyebut banyak masyarakat yang sepeda motornya rusak setelah mengisi BBM eceran di kawasan tersebut. Akhirnya, petugas menyelidiki dan menangkap para pelakunya.

Saat ditindak, berhasil menyita barang bukti 477 liter premium di Desa Kampung Jawa Baru milik US (58), kemudian 213, 5 liter premium beserta 34,5 liter pertalite dari SU (48) di Jalan Listrik, Pasar Inpres dan 200 liter premium plus solar disita dari HA (49) di Desa Hagu Barat Laut, Lhokseumawe.

"Ketiga orang tersebut sedang kita periksa. Mereka kita duga telah melanggar Pasal 54 Jo Pasal 55 UU No 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas. Kita juga akan melakukan uji terhadap BBM yang diduga oplosan itu," sebut Budi.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed