Anies: Ternyata di Jakarta Masih Ada Lebih dari 300 Hektar Sawah

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Selasa, 23 Jan 2018 07:57 WIB
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memanen padi di Cakung, Jakarta Timur. Fotografer: Aditya Fajar/ detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan masih ada 300 hektar sawah di Jakarta. Dia berharap hasil lahan pertanian dapat dimanfaatkan untuk warga Ibu Kota.

"Ternyata di Jakarta ini masih ada lebih dari 300 hektare sawah dan di lokasi ini ada 3 hektare sawah yang alhamdulilahnya ditanam bulan Novemver dan sekarang panen," kata Anies di Kawasan Inspeksi Banjir Kanal Timur, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (23/1/2018).




Menurut Anies, dari satu lahan sawah di Jakarta mampu menghasilkan 5 ton beras sehingga bisa dimanfaatkan bagi warga Jakarta.

"Pesannya mari kita jaga bersama-sama dan perlu kita sadari Jakarta adalah sebuah ekosistem yang lengkap. Di sini ada juga lahan-lahan pertanian yang harus kita jaga dan manfaatkan, hasil pertaniannya juga bisa dirasakan manfaatnya oleh warga Jakarta," papar Anies.


Anies juga mengajak pihak Foodstation Jakarta untuk mengambil hasil gabah beras dari lahan sawah milik Pemprov DKI Jakarta,

"Dari Foodstation nantinya juga akan mengambil gabahnya di sini. Insyallah akan bisa diproses menjadi beras dan dimanfaatkan bagi warga Jakarta," terang Anies.

Anies didampingi Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan lautan dan Pertanian Darjamuni dan Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan proteksi tanaman (P2BPT) Ali Nurdin. Anies yang mengenakan caping khas petani sebelumnya turun ke tengah sawah untuk memanen padi yang telah menguning.

[Gambas:Video 20detik]

(adf/aan)