Kemenaker Gagalkan Rencana Pengiriman TKI Ilegal ke Timur Tengah

Ferdinan - detikNews
Senin, 22 Jan 2018 18:04 WIB
Tim Kemenaker mendatangi tempat calon penampungan TKI yang akan diberangkatkan ke Timur Tengah, Senin (22/1/2018) Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Tim gabungan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggerebek tempat penampungan calon TKI di Bekasi, Jawa Barat. Tim menggagalkan rencana pemberangkatan TKI secara ilegal ke Timur Tengah.

Penggerebekan dilakukan di penampungan calon TKI milik PT HKN di Jl Raya Hankam, Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1/2018). Penggerebekan dilakukan tim gabungan dari Direktorat Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri dan Direktorat Pembinaan Pengawasan Kemenaker.

Di lokasi, petugas menemukan 41 calon TKI berbagai daerah dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat. Sebanyak 23 orang mengaku akan diberangkatkan PT HKN ke beberapa negara di Timur Tengah, seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Sisanya mengaku dijanjikan akan diberangkatkan ke Singapura dan Malaysia.

"Namun menduga kuat pihak perusahaan penyalur akan mengirimkan seluruh calon pekerja migran ke Timur Tengah," kata Kepala Sub-Direktorat Perlindungan TKI Kemenaker Yuli Adiratna setelah berbincang dengan para calon TKI.

Yuli menegaskan penempatan pekerja migran ke Timur Tengah merupakan tindakan ilegal. Sebab, pengiriman TKI ke Timur Tengah sudah dilarang.

Tim Kemenaker mendatangi tempat calon penampungan TKI yang akan diberangkatkan ke Timur Tengah, Senin (22/1/2018)Tim Kemenaker mendatangi tempat calon penampungan TKI yang akan diberangkatkan ke Timur Tengah, Senin (22/1/2018) Foto: Dok. Istimewa


Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 260 Tahun 2015 tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan TKI pada Pengguna Perseorangan di Kawasan Timur Tengah.

"Kami belum mendapatkan kejelasan kapan akan diberangkatkan. Kami tidak diizinkan pulang dan seluruh dokumen kami dibawa pihak perusahaan," kata beberapa calon TKI yang keberatan disebutkan namanya.

Pada pekan lalu, petugas Kemenaker juga menggerebek penampungan 98 calon TKI di Balai Latihan Kerja Luar Negeri Restu Putri Indonesia di Pondok Kopi, Jakarta.

Petugas menampung mereka di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) milik Kementerian Sosial di Bambu Apus, Jakarta Timur, sebelum dipulangkan ke kampung halaman. (fdn/hri)