DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 17:27 WIB

Menhub Minta KNKT Selidiki Beton LRT Roboh di Pulogadung

Raja Adil Siregar - detikNews
Menhub Minta KNKT Selidiki Beton LRT Roboh di Pulogadung Menhub Budi Karya Sumadi (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyelidiki robohnya beton LRT di Jl Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur.

"Saya prihatin dengan kejadian itu dan saya akan menugaskan KNKT untuk melakukan penelitian. Kita juga akan meningkatkan keselamatan kerja dalam berkonstruksi," kata Menhub seusai menjadi pembicara dalam Kongres Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia di GOR Dempo, Jakabaring, Palembang, Senin (22/1/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Menhub memastikan pihak terkait akan melakukan evaluasi pascarobohnya tiang LRT. Alasannya, Menhub menduga ada faktor human error.

"Saya pikir ini adalah unsur manusia ya, karena memang kalau terjadi kecelakaan, itu bukan teknologi. Teknologi adalah suatu alat dan kalau dikerjakan secara disiplin, pasti tidak terjadi apa-apa. Jadi human error ini juga ada suatu catatan di sana dan kita akan klarifikasi ini. Nanti dalam waktu dekat kita sampaikan rekomendasi terkait teknisnya tersebut," sambungnya.

Beton konstruksi LRT roboh pada sekitar pukul 00.10 WIB, Senin (22/1), dan membuat lima orang terluka. Polisi telah memeriksa empat saksi dalam kejadian tersebut. Polisi menyebut konstruksi LRT roboh saat dilakukan pemasangan box girder.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed