DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 15:45 WIB

Muncul Isu Intervensi, Lodewijk Bicara Soal Hubungannya dengan Luhut

Tsarina Maharani - detikNews
Muncul Isu Intervensi, Lodewijk Bicara Soal Hubungannya dengan Luhut Sekjen Golkar Letjen (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Lodewijk Freidrich Paulus mengaku tak tahu soal adanya intervensi dari Luhut Binsar Panjaitan di balik penujukan posisinya sebagai sekjen Golkar. Lodewijk langsung mengungkapkan relasi dia dengan Luhut sewaktu di Kopassus.

"Saya tidak tahu (intervensi). Tapi yang jelas, Pak Luhut komandan saya waktu di Kopassus. Tahun 1983 saya direkrut, Pak Luhut jadi Den-81 Kopassus. Apakah beliau (Luhut) ada intervensi, saya tidak tahu," ujar Lodewijk di kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat, Senin (22/1/2018). Lodewijk menjawab ini saat dimintai konfirmasi soal isu adanya tekanan dari Luhut kepada Airlangga agar Lodewijk menjadi Sekjen Golkar.


Lodewijk mengaku mendapat pesan dari Luhut terkait posisi barunya di Golkar. Pihak lain juga diakuinya menyampaikan pesan.

"Tidak hanya Luhut, tapi banyak orang ya. Pesannya besarkan Partai Golkar. Dia support untuk bahu-membahu, bangkitkan, jayakan Golkar," ucapnya.


Lodewijk belum lama bergabung dengan Golkar. Menurutnya, penunjukan dirinya sebagai sekjen adalah diskresi Airlangga Hartarto sebagai ketum.

"Ada klausul yang menyatakan untuk anggota DPD itu ada hak diskresi ketum, itulah yang digunakan beliau untuk menunjuk. Walaupun AD/ART 5 tahun, tapi itu ada hak beliau sebagai ketum Golkar," papar Lodewijk.
(dkp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed