DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 11:23 WIB

KPK Mulai Periksa Saksi untuk Tersangka Korporasi PT DGI

Haris Fadhil - detikNews
KPK Mulai Periksa Saksi untuk Tersangka Korporasi PT DGI Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK mulai mengusut kasus yang menjerat korporasi PT Duta Graha Indah (DGI/sekarang bernama PT NKE atau Nusa Konstruksi Enjinering). Seorang direktur dari Ditjen Pajak dipanggil sebagai saksi.

"Lusiana, Direktur Teknologi Informasi Perpajakan Direktorat Jenderal Pajak, dipanggil sebagai saksi untuk tersangka PT DGI," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Senin (22/1/2018).

PT DGI merupakan korporasi pertama yang dijerat KPK sebagai tersangka. Ini merupakan pertama kalinya KPK mengimplementasikan Perma Pidana Korporasi.


Ketua KPK Agus Rahardjo pernah menyampaikan harapannya agar proses penyidikan itu sukses. "Tersangkanya PT DGI, jadi nanti Anda ikuti saja, mudah-mudahan yang pertama ini sukses," sebut Agus pada Jumat, 14 Juli 2017.

Sebelumnya, PT DGI tercatat menangani dua proyek pembangunan yang diperkarakan KPK, yaitu proyek RS Pendidikan Udayana serta wisma atlet dan gedung serbaguna Pemprov Sumatera Selatan.

Pihak PT DGI mengaku akan kooperatif dalam proses pemeriksaan yang dilakukan KPK. Mereka akan memberikan informasi yang dibutuhkan KPK terkait penyidikan kasus tersebut.

"Sehubungan dengan pemeriksaan yang dilakukan KPK, Perseroan akan bersikap kooperatif dan terbuka dalam memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh KPK terkait proses yang sedang berjalan saat ini," ujar Direktur Utama PT NKE Djoko Eko Suprastowo melalui keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (15/7/2017).
(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed