DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 11:21 WIB

Protes Penutupan Jalan Depan Stasiun Tanah Abang, Sopir Angkot Mogok

Arief Ikhsanudin - detikNews
Protes Penutupan Jalan Depan Stasiun Tanah Abang, Sopir Angkot Mogok Angkot di Tanah Abang mogok, memprotes penataan PKL dengan cara menutup jalan. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Para sopir angkot jurusan Tanah Abang, Jakarta Pusat, tak mengangkut penumpang hari ini. Mereka melakukan aksi mogok karena kebijakan penutupan jalan untuk PKL di Tanah Abang.

Pantauan di kawasan Tanah Abang, Jalan Jatibaru Raya, Senin (22/1/2018), ada tiga unit angkot yang berhenti di pinggir jalan. Pintu angkotnya dalam keadaan terkunci.

Para sopir angkot memilih ngopi di pinggir jalan. Saat ada penumpang akan naik, mereka bilang angkot libur untuk demo.


"Iya, kita gelar aksi mogok. Gara-gara penutupan jalan. Aksi kita paling dua atau tiga hari, sampai tuntutan terpenuhi," kata sopir angkot M10, Yono, di lokasi, Senin (22/1/2018).

Menurut Yono, angkot-angkot yang mogok merupakan angkot jurusan Tanah Abang. Ada empat rute angkot, yaitu M08, M09, M10, dan M11.

Angkot di Tanah Abang mogok protes penataan PKLAngkot di Tanah Abang mogok beroperasi, memprotes penataan PKL di Pasar Tanah Abang dengan cara menutup jalan. (Arief Ikhsanudin/detikcom)

Yono dan rekan-rekannya meminta agar angkot bisa kembali melintas di depan Stasiun Tanah Abang. Menurutnya, sejak Jalan Jatibaru Raya ditutup Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menata PKL, pendapatannya turun drastis.

"Sebelumnya, buat setoran Rp 200 ribu bisa. Sekarang Rp 100 ribu saja susah. Sering ribut sama pemilik mobil," ucap Yono.


Selain itu, Yono menyesalkan tindakan dari petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Berhenti sedikit ditilang. Terus bahkan mobil juga ditendang-tendang," ucap Yono.

Lalu lintas di lokasi terlihat padat. Di Jalan Jatibaru Raya, banyak Bajaj yang ngetem menyambut penumpang dari Stasiun Tanah Abang.
(aik/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed