DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 10:43 WIB

Terancam Punah, Seekor Siamang Disita dari Warga Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Terancam Punah, Seekor Siamang Disita dari Warga Aceh Foto: dok. BKSDA
Aceh - Seekor siamang (Symphalangus syndactylus) berusia 12 tahun disita dari seorang warga Banda Aceh. Satwa dilindungi berjenis kelamin jantan tersebut dipelihara sejak kecil.

"Siamang itu dipelihara seorang warga bernama Ibrahim sejak masih kecil. Dia mengaku tidak tahu satwa yang dirawatnya dilindungi," kata Kepala Satuan Polisi Kehutanan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Kurniady kepada wartawan, Senin (22/1/2018).

Proses penyitaan dilakukan pada Minggu (21/1). Saat itu tim BKSDA menyambangi rumah Ibrahim di Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh. Di sana, tim memberitahukan bahwa satwa yang dipeliharanya dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Petugas datang ke sana untuk melakukan sosialisasi. Namun, setelah mendengar penjelasan tim BKSDA, Ibrahim menyerahkan siamang tersebut secara sukarela.

"Dia menyerahkan secara sukarela kepada tim untuk dikembalikan ke habitat alaminya," jelasnya.

Menurutnya, keberadaan siamang di Aceh saat ini masuk kategori terancam atau genting. Hal itu berdasarkan data yang dikeluarkan International Union for Conservation of Nature and Natural Resouce.

"Siamang masih terdapat di beberapa kawasan hutan di Aceh. Namun saat ini masuk dalam kategori terancam," ungkap Kurniady.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed