DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 09:11 WIB

Eks Danjen Kopassus Lodewijk Paulus Jadi Sekjen Golkar

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Eks Danjen Kopassus Lodewijk Paulus Jadi Sekjen Golkar Lodewijk Paulus (Foto: dok. TNI)
Jakarta - Partai Golkar telah menetapkan Letjen (purn) Lodewijk Freidrich Paulus sebagai sekretaris jenderal (Sekjen) mereka. Lodewijk ditunjuk menggantikan Idrus Marham yang kini menjabat sebagai menteri sosial.

Wasekjen Golkar demisioner Ace Hasan Syadzily menyebut nama Lodewijk hampir bisa dipastikan akan menjabat sebagai Sekjen Golkar. Ace mengatakan akan ada pengumuman resmi dari Ketum Golkar Airlangga Hartarto terkait kepengurusan baru Golkar.

"Ya, saya dapat informasi demikian (Lodewijk menjadi sekjen Golkar), tapi tentu kita harus mendengarkan resmi, pengumunan resmi dari Ketum Pak Airlangga sendiri," kata Ace saat dihubungi.

Ace menyebut pengumuman terkait posisi sekjen Golkar dan kepengurusan baru akan diumumkan Airlangga sekitar pukul 11.00 WIB. Berdasarkan undangan media, pengumuman itu akan mengambil tempat di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat.

Lodewijk berlatar belakang militer. Pangkat terakhir dia di TNI sebelum pensiun ialah letnan jenderal (Letjen).

Di dunia militer, karier Lodewijk cukup mentereng. Jabatan terakhirnya ialah Danjen Kopassus ke-24. Dia pensiun pada tahun 2015, setelah berkarier di militer kurang lebih 34 tahun.

Nama Lodewijk sendiri merupakan satu dari beberapa politikus Golkar yang santer dikabarkan akan mengisi pos sekjen. Selain Lodewijk, ada Happy Bone Zulkarnain dan Ibnu Munzir. Kabar terakhir sebelum penunjukan ini, Lodewijk disebut 'bersaing' ketat dengan Happy Bone.
(gbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed