DetikNews
Minggu 21 Januari 2018, 11:10 WIB

Ketua KPU Buleleng Pimpin Langsung Pencocokan Koster sebagai Pemilih

Andi Saputra - detikNews
Ketua KPU Buleleng Pimpin Langsung Pencocokan Koster sebagai Pemilih Foto: ist.
Buleleng - KPU Buleleng melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilgub Bali 2018, tidak terkecuali cagub Wayan Koster. Cagub Bali itu dicocokkan datanya di rumah pribari Koster di Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng.

"Gerakan coklit serentak di hari pertama menyasar tokoh politik, tokoh pemerintahan, tokoh agama, masyarakat, dan artis lokal dengan tujuan agar mereka dapat mengajak dan menggugah masyarakat dan komunitasnya untuk aktif sehingga terdata sebagai pemilih pada Pilgun Bali 2018," kata Ketua KPU Buleleng Gede Suardana kepada detikcom, Minggu (21/1/2018).

Gerakan Coklit Serentak merupakan gerakan yang dilakukan KPU RI dalam Pilkada serentak 2018 untuk memuktahirkan data pemilih.

"KPU berharap ajakan dari tokoh-tokoh akan menggugah masyarakat Bali untuk aktif terlibat dalam setiap tahapan Pilgub Bali. KPU berupaya dan optimis gerakan coklit serentak akan menjadi viral di media sosial," kata Gede.

Atas pencocokan data itu, Koster menyambut baik dan mengajak warga Bali untuk mensukseskan pesta demokrasi 2018.

"Saya mengajak seluruh warga Bali agar aktif mengikuti coklit (pencocokan dan penelitian) data pemilih agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Bali 2018," kata Koster usai didata.

Koster memberikan apresiasi kepada KPU dalam melaksakan Gerakan Coklit Serentak Pilkada 2018. "Hal ini sebagai langkah baik dari KPU untuk mendata seluruh warga Bali yang telah memiliki hak pilih," ujarnya.

Coklit merupakan bagian dari tahapan pemuktahiran data pemilih yang dilakukan KPU dalam Pilgub Bali 2018. PPDP melakukan coklit dengan mendata warga dari rumah ke rumah untuk memastikan dan menghasilkan data pemilih yang akurat dan termuktahir. Pemuktahiran dilaksanakan sejak 20 Januari - 18 Februari 2018.

Data pemilih di Buleleng, Bali dalam Pilgub Bali sebanyak 597.820 pemilih.
(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed