DetikNews
Minggu 21 Januari 2018, 07:36 WIB

Cinta pada Pandangan Pertama Jokowi ke Motor Chopper Emas

Rina Atriana - detikNews
Cinta pada Pandangan Pertama Jokowi ke Motor Chopper Emas Jokowi dan motor Chopper emasnya (Foto: Rusman/ Biro Pers Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli sepeda motor chopper warna emas seharga Rp 140 juta. Jokowi pertama kali bertemu motor tersebut ketika dipamerkan di Istana Bogor saat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017.

Tak hanya melihat-lihat, Jokowi kala itu langsung menjajalnya. Hanya saja saat itu dia menjajal yang berwarna hitam padahal di lokasi yang sama juga dipamerkan motor yang berwarna emas.

Kepincut dan seakan jatuh cinta pada pandangan pertama, Jokowi langsung memesan motor buatan bengkel custom Elders Garage di Lebak Bulus itu. Ia memesan yang warna emas.

"Ini sudah jadi sebenarnya. Dari awal warnanya emas dan langsung dipesan Pak Jokowi setelah kita pamerkan di Istana Bogor," kata Andrianka, Sabtu (20/1).


Sebelum sampai di tangah Jokowi, motor tersebut juga pernah dipamerkan di berbagai tempat, salah satunya di Jepang.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan alasan utama Jokowi membeli motor tersebut untuk meningkatkan nilai barang yang dibuat oleh anak bangsa.

"Untuk meningkatkan brand value anak bangsa. Bukan baru sekarang saja Presiden mendorong karya anak bangsa, seperti menikmati kopi di Sejiwa Coffee, Bandung, atau minum kopi di Aming Coffee, Pontianak," kata Bey di kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (20/1).

Menurut Bey, Jokowi meyakini sepeda motor tersebut berpotensi dikirim ke luar negeri. "Presiden melihat ada potensi ekspor. Jadi Presiden mendorong ke arah sana," imbuh Bey.


Bey memastikan Jokowi merogoh koceknya sendiri untuk membayar chopper tersebut. Bahkan, Jokowi disebutkan sempat menawar dari Rp 150 juta menjadi Rp 140 juta.

"Tadinya harganya Rp 150 juta, tapi ditawar Presiden jadi Rp 140 juta. Jadi sepakatnya harga Rp 140 juta," tutur Bey.

Motor tersebut tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Sabtu, (20/1) pukul 09.50 WIB. Kedatangan motor tersebut diterima langsung oleh Presiden pada pukul 10.20 WIB.
(rna/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed