DetikNews
Sabtu 20 Januari 2018, 12:33 WIB

Ular 4 Meter Muncul di Danau Sunter, Tempat Lomba Renang Sandi-Susi?

Jabbar Ramdhani - detikNews
Ular 4 Meter Muncul di Danau Sunter, Tempat Lomba Renang Sandi-Susi? Ular sanca sepanjang 4 meter ditemukan di Danau Sunter, Jakarta Utara (Foto: dok. UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup)
Jakarta - Ular sanca sepanjang 4 meter ditemukan petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang tengah membersihkan Danau Sunter secara rutin. Ular tersebut lalu dilepaskan kembali ke Danau Sunter Selatan 1.

Sebagaimana diketahui, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berencana mengadakan lomba renang di Danau Sunter. Apakah ular sanca ini ditemukan di lokasi tempat Sandiaga-Susi berlomba?


"Awalnya begitu. Tapi saya dengar akan dipindah ke Danau Sunter Selatan 2," ujar Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Pemkot Jakarta Utara Lambas Salingging saat dihubungi detikcom, Sabtu (20/1/2018).

Lambas mengatakan indikasi pindahnya lokasi lomba tersebut adalah kerja bakti pembersihan waduk yang dilakukan pada Minggu (14/1) lalu. Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad ikut dalam kegiatan tersebut.


Husein Murad juga sempat berenang di danau tersebut untuk menguji coba kondisi air Danau Sunter 2. Ketika itu dia mengaku kulitnya tak merasa gatal meski sudah menceburkan diri.

"Itulah pada tanggal 14 Januari dilakukan kerja bakti. Wali Kota juga sempat renang waktu itu," ucap Lambas.

Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad saat berenang di Danau Sunter Selatan 2Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad saat berenang di Danau Sunter Selatan 2 (Foto: dok. UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup)


Lambas mengatakan dipilihnya Danau Sunter Selatan 2 untuk jadi arena lomba Sandi-Susi karena kondisi air di sana lebih bersih dibanding Danau Sunter Selatan 1.

"Karena memang di Danau Sunter Selatan 1, yang ditemukan ular itu, banyak PHB (penghubung) yang mengalir. Kita sebutnya inlet. Nah, jadi kalau di Danau Sunter Selatan 2 memang lebih bersih dibanding yang 1. Jadi kalau di Sunter 2 dipakai untuk latihan jetski," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Susi pernah menantang Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Susi menantang Anies-Sandi menyulap Danau Sunter menjadi danau seperti di Jenewa, Swiss.


Pemprov DKI Jakarta pun berencana menggelar Festival Danau Sunter pada Februari nanti. Sandiaga mengaku sudah sempat membahas acara ini dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Kami tadi kedatangan dari tim KKP, perwakilan Ibu Susi, bahwa pertanyaan mereka cuma tentang keselamatan dan acaranya. Kedua kualitas airnya, ketiga dibuka untuk umum juga," terang Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (3/1).

Bagi Sandiaga, acara ini bukan soal perlombaan dirinya dengan Susi. Menurutnya, yang terpenting ialah Pemprov DKI menjawab tantangan Susi soal pengelolaan danau.


"Sudah dipastikan lokasinya adalah Danau Sunter Selatan bagian timur. Lomba saya lawan Ibu Susi. Ibu Susi rencananya paddling, saya renang," jelas Sandiaga.

"Insyaallah ini jadi percontohan, di mana fokusnya adalah bukan lombanya, tapi bagaimana DKI menjawab tantangan dari Ibu Menteri untuk membuat waduk-waduk, danau-danau, situ-situ yang ada di wilayah DKI cantik, indah, dan bisa digunakan untuk kebaikan dan fasilitas untuk masyarakat," papar Sandiaga.
(jbr/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed