DetikNews
Sabtu 20 Januari 2018, 11:46 WIB

Alasan Mistis, Ular Sanca 4 Meter yang Muncul di Danau Sunter Dilepas

Jabbar Ramdhani - detikNews
Alasan Mistis, Ular Sanca 4 Meter yang Muncul di Danau Sunter Dilepas Ular sanca sepanjang 4 meter ditemukan di Danau Sunter, Jakarta Utara (Foto: dok. UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup)
Jakarta - Pasukan oranye menemukan ular sanca sepanjang 4 meter di Danau Sunter, Jakarta Utara. Namun ular tersebut kembali dilepaskan petugas atas dasar alasan mistis.

"Memang di sana kan dikenal mistisnya oleh warga sekitar. Lalu dilepas lagi di situ juga. Jadi ada di Danau Sunter Selatan 1 ada pulau ya. Kalau orang di situ dikeramatkan. Jadi anak-anak melepas kembali," kata Kepala Satuan Pelaksana Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Pemkot Jakarta Utara Lambas Salingging saat dihubungi detikcom, Sabtu (20/1/2018).


Selain cerita mistis yang berkembang di masyarakat sekitar, petugas juga merasa heran karena ular yang berdiameter badannya lebih dari 15 sentimeter itu tak melakukan perlawanan.

Ular tersebut hanya diam saat diangkat dari permukaan danau.

"Makanya anak-anak (petugas) heran. Saat ditangkap tak melakukan perlawanan. Di situ mereka merasa aneh," ujar Lambas.


Dia mengatakan para petugas di lapangan juga merasa heran karena di Danau Sunter 1 tersebut selalu ramai. Selain berkegiatan di danau, warga banyak berkumpul pada sore hari untuk memancing.

"Di situ kan banyak aktivitas, latihan dayung Kolanlamil di situ. Jadi dulu sudah pernah dicanangkan jadi tempat latihan tim dayung DKI misal ada ajang PON (Pekan Olahraga Nasional). Kalau sore di sana ramai banget, ada yang nonton, mancing juga," ujar Lambas.


"Justru karena itu, waduk yang begitu ramai kok masih ada ular besar. Biasanya kan kalau ada ular besar itu hidupnya di rawa, di sawah, atau di hutan," imbuhnya.

Ular sanca ini ditemukan pada Jumat (19/1) kemarin. Saat itu UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta tengah membersihkan danau secara rutin.
(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed