DetikNews
Jumat 19 Januari 2018, 14:05 WIB

Masuki Tahun Politik, JK: Tidak Ada yang Dikhawatirkan

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Masuki Tahun Politik, JK: Tidak Ada yang Dikhawatirkan Wapres Jusuf Kalla (JK) buka Tanwir Aisiyah di Surabaya (Foto: Dok. Media Wapres)
Surabaya - Tahun 2018 dianggap sebagai tahun politik karena ada 171 daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan pada tahun politik ini.

"Tahun politik, tahun pilkada, kita sudah 50 tahun, 60 tahun mengalami seperti itu tidak ada hal yang sangat luar biasa untuk kita khawatirkan," kata JK usai membuka Tanwir Aisiyah di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Jawa Timur, Jumat (19/1/2018).


JK mengatakan Indonesia telah beberapa kali melaksanakan pilkada. Dalam proses yang berjalan, pilkada akan jadi hal yang biasa.

"Pengalaman kita selama tiga kali pilkada serentak itu tidak ada apa-apa. Paling tidak ketika penghitungannya ada sedikit masalah. Tapi pada saat pilkadanya, kampanyenya, alhamdulillah berbeda dengan negara lain selalu ada konflik, kita tidak," ucapnya.


Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga ikut berkomentar soal gelaran pilkada serentak. Menurutnya, untuk Pilgub Jatim para kandidat akrab satu sama lain.

"Suasananya akrab karena sudah berkali-kali dan tidak ada permasalahan. Biasanya yang bermasalah adalah saat penghitungan ada sengketa penghitungan suara, kalau pas pemilihan nggak ada masalah," ujarnya.
(tfq/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed