Pimpinan DPR Agus Hermanto Terima Kunjungan Tim Peneliti New Zealand

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Kamis, 18 Jan 2018 14:57 WIB
Agus Hermanto terima tim peneliti New Zealand. (Parastiti/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menerima kunjungan pusat penelitian independen New Zealand, Geothermal National Science (GNS). Kunjungan tersebut bertujuan membahas kerja sama Indonesia dengan New Zealand dalam bidang geotermal.

"Pertemuan saat ini adalah pertemuan antara kami dari Korinbang dengan GNS yang sebenarnya kita sudah berkali-kali bertemu. GNS ini adalah 'mbah'-nya, sehingga dia yang paling hebat tentang knowledge tentang geotermal di New Zealand," kata Agus di ruang kerja Agus, gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Agus menuturkan pihaknya berkoordinasi dengan GNS untuk meningkatkan geotermal di Indonesia. Pasalnya, geotermal di Indonesia saat ini hanya mencapai 5 persen.

Pimpinan DPR Agus Hermanto Terima Kunjungan Tim Peneliti New ZealandAgus Hermanto menerima tim peneliti New Zealand. (Parastiti/detikcom)

"Kami banyak mendapat bimbingan dari GNS dan karena kita sekarang ini ingin meningkatkan geotermal kita yang saat ini kita baru eksplor sekitar hanya 5 hingga 6 persen," ujarnya.

Agus pun menyebut pihaknya bersama GNS sedang menjalankan proyek bersama dalam bidang geotermal di Wai Sano, Nusa Tenggara Timur (NTT). GNS memberikan bantuan tenaga teknik dari New Zealand untuk melancarkan proyek tersebut.

"Kita ketahui satu proyek sekarang yang ada di Wai Sano. Di sana kita sudah menerapkan kerjasama kita dengan New Zealand. Kita mendapatkan tenaga bantuan, tenaga engineering dari New Zealand dan itu tentunya yang dibayar dengan oleh New Zealand untuk proyek di Wai Sano di NTT," tutur Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini. (yas/elz)