DetikNews
Kamis 18 Januari 2018, 12:44 WIB

Menkumham Minta Hanura Segera Selesaikan Konflik Internalnya

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Menkumham Minta Hanura Segera Selesaikan Konflik Internalnya Foto: Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly meminta Partai Hanura untuk segera menyelesaikan konflik internalnya. Menurut Yasonna, akan terjadi sengketa politik jika Hanura kubu 'Ambhara' mendaftarkan Marsdya (Purn) Daryatmo sebagai ketum definitif ke Kemenkumham.

"Ya berarti sengketa partai politik. Nanti mekanisme apalah," kata Yasonna di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2018).


Yasonna meminta perselisihan di internal Hanura dapat diselesaikan dengan baik. Apalagi, verifikasi parpol oleh KPU saat ini tengah berjalan.

"Tapi kan ini kan masih ada kekurangpuasan dari mana, ya kan selesaikan saja menurut mekanisme anggaran dasar anggaran rumah tangga partai," terangnya.


Menurutnya, dirinya juga telah menerima surat dari Mahkamah Partai Hanura yang memberikan kewenangan kepada ketua umum partai untuk melakukan Munas dan Rapimnas. Jika Hanura tidak segera menyelesaikan masalah di internal partainya nantinya dapat memberi pengaruh ke verifikasi parpol untuk pemilu.

"Kalau ini tidak selesai cepat kan, mengapa kita lakukan itu, ini verifikasi partai politik kan akan jalan. Nanti kalau gonjang-ganjing terus tidak selesai maka untuk sementara ini bisa (berpengaruh) proses verifikasi partai politik, kepastian hukum tentang kepengurusan kan perlu," kaya Yasonna.

[Gambas:Video 20detik]


"Maka itu, kalau berikutnya bagaimana penyelesaian internalnya ya itu anggaran dasar anggaran rumah tangga partai aja, jalan aja," imbuhnya.
(tfq/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed