DetikNews
Kamis 18 Januari 2018, 12:05 WIB

Partai di Pansus KPK Tarik Diri, Demokrat: Pendirian Kami Benar

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Partai di Pansus KPK Tarik Diri, Demokrat: Pendirian Kami Benar Agus Hermanto (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Beberapa partai berencana menarik diri dari keanggotaan Pansus Angket KPK. Partai Demokrat (PD) sebagai partai yang sejak awal menolak Pansus KPK pun menyoroti hal itu.

Wakil Ketua Dewan Pembina PD Agus Hermanto membicarakan rencana mundurnya beberapa partai dari keanggotaan Pansus KPK. Menurut dia, hal tersebut semakin menegaskan pendirian PD yang sejak awal tidak menyetujui adanya hak angket terhadap KPK.

"Fraksi PD tetap konsisten dari awal hingga kini memang kita tidak menyetujui adanya Pansus Angket KPK. Dan terbukti sekarang banyak juga partai-partai yang sudah mulai menarik diri. Itu berarti bahwa kami beranggapan bahwa memang pendirian ataupun pendapat Fraksi PD adalah betul saat itu," kata Agus di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (18/1/2018).



Meski begitu, dia tak menilai banyaknya partai yang berencana menarik diri dari keanggotaan menandakan masa kerja Pansus KPK telah berakhir. Agus menyatakan itu dikembalikan kepada penyelenggara Pansus KPK sendiri.

"(Soal berakhirnya masa kerja Pansus KPK) itu kita kembalikan kepada penyelenggara pansusnya itu sendiri. Yang jelas, PD tidak ada di dalamnya," ujar Wakil Ketua DPR tersebut.

Seperti diketahui, beberapa partai berencana menarik diri dari keanggotaan Pansus KPK. Seperti NasDem yang menilai sudah waktunya Pansus KPK selesai. Tak hanya NasDem, Golkar pun sudah menarik Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari keanggotaan Pansus KPK sebelum ia dilantik menjadi Ketua DPR RI.
(yas/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed