DetikNews
Kamis 18 Januari 2018, 07:05 WIB

Kursi Prioritas KRL dan Peruntukannya

Rina Atriana - detikNews
Kursi Prioritas KRL dan Peruntukannya Bangku prioritas KRL (Dok. detikcom)
Jakarta - Kursi prioritas KRL diperuntukkan bagi penyandang disabilitas, wanita hamil, hingga lansia. Namun pada praktiknya, kursi-kursi tersebut justru diduduki oleh orang tak berhak.

PT Kereta Commuter Indonesia telah memasang penanda di bagian kursi-kursi yang merupakan kursi prioritas. Oleh karena itu seharusnya penumpang yang tak berhak sudah tahu dan tak menyalahgunakannya.

"Apabila ada penumpang yang tidak seharusnya berada di kursi prioritas ketika dibutuhkan harus berdiri," tegas VP Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa, Rabu (17/1).



Eva juga meminta penumpang yang tak berhak untuk berempati. Bahkan bukan kursi prioritas pun sebaiknya merelakan kursinya apabila melihat ada orang yang berkebutuhan khusus.

"Kami juga berharap penumpang dapat lebih berempati kepada penumpang lainnya apabila sedang duduk di kursi reguler atau kursi yang bukan prioritas tetap mau memberikan kursinya jika ada penumpang lain yang memiliki kebutuhan khusus," tutur Eva.

PT KCI tak segan untuk mengusir dengan menurunkannya dari kereta apabila tetap ada yang tak taat aturan.

"Ancamannya bisa diturunkan dan itu diturunkan di stasiun kereta terdekat. Kalau masih ngotot, dan itu pernah kejadian, tetap kita turunkan. Yang turunkan adalah petugas di tiap kereta (gerbong)," ungkap Eva.

Ditanya mengenai imbauan, Eva menyatakan akan menempel sticker untuk kembali menegaskan soal siapa-siapa yang berhak dan tak berhak duduk di kursi prioritas.

"Kita juga akan tempel stiker imbauan untuk tahu tentang hak hak siapa saja yang bisa duduk di kursi prioritas," jelas Eva.


Sebelumnya, jadi viral di media sosial cerita Michelle Wanda (21) yang curhat melalui Instagram Story-nya. Ada beberapa foto yang menunjukkan tampang pria yang berdebat dengannya soal duduk di kursi prioritas.

Kepada detikcom, Wanda mengatakan dia naik KRL Commuter Line dari Manggarai menuju Bekasi pada Selasa (16/1). Saat masuk, dia melihat seorang pria yang duduk di kursi prioritas.

Ia pun menegurnya tapi pria itu balik memaki dengan kata-kata bernada SARA.
(rna/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed